Monday, 14 November, 2016
Home » Informasi » 10 Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan
musim hujan

10 Tips Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan

Ideamardiana.com – Bulan Desember, rata-rata seluruh wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Musim hujan dikenal sebagai musim penyakit. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena adanya genangan air, perubahan suhu menjadi rendah, dan kelembaban yang tinggi. Semua itu merupakan tempat bertumbuhnya virus dan bakteri secara cepat yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Sebuah pepatah mengatakan “Lebih baik mencegah, daripada mengobati”. Hal inilah yang mesti kita lakukan saat musim hujan mengguyur daerah tempat tinggal kita. Ada baiknya kita mengantisipasi berbagai penyakit yang mudah menyerang kekebalan tubuh kita. Berikut 10 tips agar kita tetap dapat menjaga kesehatan saat musim hujan.

Perbanyak Minum Air Putih

minum-air-putihSaat musim hujan datang, seringkali membuat kita menjadi lupa akan pentingnya minum air putih. Hal ini disebabkan karena kita jarang sekali merasa kehausan di musim hujan. Padahal dengan memperbanyak minum air putih, dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh kita. Biasakanlah meminum air putih minimal 1,5 liter per harinya.

Perbanyak Konsumsi Vitamin C

vitamin cDengan mengkonsumsi vitamin C, ini berfungsi sebagai pertahanan daya tahan tubuh kita serta dapat menangkal radikal bebas karena mengandung anti oksidan. World Health Organization (WHO) sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C sebanyak 45 mg/hari.

Menyegerakan Mandi Setelah Terkena Air Hujan

segera mandiSebagaimana penjelasan diatas tadi, bahwa musim hujan seringkali mempercepat pertumbuhan virus dan bakteri. Entah itu karena genangan air, perubahan suhu yang menjadi rendah, ada baiknya untuk menyegerakan mandi setelah terkena air hujan. Hal ini diperuntukkan untuk membersihkan sisa-sisa bakteri maupun virus dari air hujan tersebut yang melekat pada tubuh kita.

Membersihkan Tangan Sesering mungkin

mencuci tangan dengan sabun sumberi.huffpost.comTanpa kita sadari, tangan adalah tempat yang paling mudah berpindahnya virus atau bakteri ke anggota tubuh kita. Baik itu musim hujan maupun musim-musim lainnya. Jadikanlah mencuci tangan ini menjadi kebiasaan kita untuk menghindari berbagai penyakit yang mudah menyerang daya tahan tubuh kita.

Mencuci Kaki Setelah Terkena Genangan Air

mencuci kakimusim hujan biasanya menyebabkan saluran air (selokan) meluap hingga menimbulkan genangan air atau biasa kita sebut dengan banjir. Bakteri paling banyak ditemukan di saluran air tempat tinggal kita. Hal ini merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit yang biasa kita sebut jamur kulit. Sehingga sangat disarankan untuk mencuci kaki setelah terkena genangan air apalagi saat musim hujan datang.

Mengontrol Makanan Agar Tetap Seimbang

porsi-makan-berlebihanMusim hujan dapat memperlambat pencernaan kita. Penyakit diare seringkali kita temukan saat musim hujan. Sangat disarankan untuk tetap mengontrol makanan yang akan kita makan. Makanlah saat lapar, dan jangan terlalu berlebihan karena akan berdampak pada penyakit diare.

Baca Juga: Rahasia Kesehatan Dalam Nutrishake

Berolahraga Secukupnya

push upDisaat kita memiliki kebiasaan berolahraga di luar rumah, tentunya hal ini tidak dapat kita lakukan saat musim hujan. Namun bukan berarti, kita tidak dapat berolahraga. Kita bisa melakukan olahraga sederhana di dalam rumah. Misalnya push-up, sit-up, lari-lari kecil ataupun olahraga sederhana lainnya.

baca juga: cara Keliru Mendapatkan Tubuh Yang Ideal

Membersihkan Rumah

membersihkan-rumah-bersama-buah-hatiNyamuk paling senang dengan tempat-tempat yang lembab. Selain itu, nyamuk juga paling sering bersarang ditempat yang kotor. Untuk itu, memiliki rumah yang bersih merupakan salah satu langkah untuk mencegah datangnya penyakit. Apalagi nyamuk dapat menimbulkan penyakit yang mematikan seperti demam berdarah (DBD). Selain memiliki rumah yang bersih, membersihkan rumah juga dapat dikategorikan olahraga sederhana.

Baca juga: 5 Tips Mengolah Dapur Agar Menarik

Istirahat Yang Cukup

tidurBeraktifitas saat musim hujan, lebih cepat menurunkan daya tahan tubuh kita. Tidur ataupun istirahat yang cukup dapat mengembalikan daya tahan tubuh kita. Hal ini juga dapat mengurangi stress kita.

Baca juga: 3 kerugian Bekerja dari Rumah

Tetap Melakukan Aktifitas Seperti Biasanya

komputerJika Anda seorang pengusaha ataupun pebisnis, tentunya musim hujan bukanlah sebuah alasan untuk bermalas-malasan. Di era yang serba canggih ini, segala sesuatunya bisa kita lakukan secara online. di saat hujan dipagi hari, biasanya membuat orang malas beranjak dari tempat tidurnya. Perlu Anda ingat, kebanyakan tidur juga salah satu sumber datangnya penyakit apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga mood

Itulah 10 tips agar kita tetap dapat menjaga kesehatan sekalipun musim hujan datang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda aplikasikan, dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke kerabat dekat Anda agar kita semua terhindar dari berbagai penyakit saat musim hujan.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Cara Belanja Online Orang Modern

Alasan Tepat Kenapa Orang Modern Suka Belanja Online

Ideamardiana.com – Fakta menunjukkan bahwa belanja online lebih digemari dibandingkan dengan belanja offline, ini dibuktikan semakin …

Tags: musim hujan perbanyak olahraga, apakah wajib kita minum air putih di saat hujan, mengantisipasi kesehatan jika hujan datang, yang dapat kita lakukan dimusim hujan