Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Kesehatan » 3 Akibat Ketika Mengkonsumsi Gula Manis Berlebih
gula manis

3 Akibat Ketika Mengkonsumsi Gula Manis Berlebih

Ideamardiana.com – Semua orang tentunya tidak bisa menolak lezat dan manisnya makanan yang mengandung gula seperti cokelat, cake , pastry dan aneka makanan yang mengandung gula lainnya. Hampir seluruh wanita tentunya pasti menyukai mkanan yang manis. Jika Anda adalah salah satunya, maka ada baiknya Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula tersebut. Mengkonsumsi gula yang melebihi kebutuhan tubuh dapat memicu resiko kegemukan, diabetes dan penumpukan lamak.

Ternyata selain resiko-resiko yang terlah disebutkan diatas, masih ada beberapa akibat yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi gula manis yang berlebih. Berikut ini adalah akibat yang ditimbulkan ketika sesorang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dalam jumlah yang melebihi kebutuhan tubuh:

Alasan pertama :

Mengganggu Sistem Imun

Banyaknya mengkonsumsi gula ternyata dapat melemahkan daya tahan tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, banyaknya kadar gula dalam tubug dapat menyebabkan pH tubuh menjadi rendah. Tiingginya kadar asam pada tubuh seseorang tentunya dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Baca Juga : Manfaat Utama Nutrishake Yang Belum Anda Ketahui

Alasan kedua :

Sebagai Pemicu Timbulnya Penuaan Dini

Ketika gula berada di dalam darah akan bereaksi dengan protein, maka selanjutnya akan terjadi proses glycation : yaitu terbentuknya molekul baru yang dikenal dengan advanced glycation end (AGE). Semakin banyak gula yang Anda konsumsi makan akan semakin banyak pula AGE yang terbentuk. Padahal molekul AGE ini mempunyai dampak yang kurang baik bagi tubuh. Jaringan di dalam tubuh yang bernama elastin dan kolagen merupakan jaringan yang paling rentan terkena dampak negatif dari AGE ini. Kedua jaringan ini memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap kencang, berisi dan kenyal. Dengan kata lain, semakin banyak Anda mengkonsumsi gula dalam tubuh kita, maka tentunya semakin rentan bagi Anda mengalami penuaan dini.

Baca juga : Kemampuan Buah Mangga mengatur Gula Darah

Alasan ketiga :

Membuat Mood Tidak Stabil

Makanan-makanan yang manis diketahui dapat meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik. Namun, Anda perlu tahu bahwa mood tersebut akan bertahan dalam rentan waktu yang singkat. Sehingga, dengan mengkonsumsi gula akan membuat mood Anda naik turun dengan cepat. Lebih tepatnya adalah ketika Anda mengkonsumsi makanan manis, tentunya kadar gula akan meningkat dengan drastis tetapi akan menurun dengan cepat karena sifat gula yang mudah dibakar oleh tubuh. Pleh karena itu, mood Anda akan cepat naik turun sehingga tidak stabil.

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Mood Tetap Nyaman

Inilah tiga alasan utama mengapa Anda harus mulai mengurangi konsumsi gula yang berlebih. Cobalah untuk mengkonsumsi gula sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya. Jadi, Anda harus bijak dan cerdas menentukan jumlah asupan gula pada setiap hidangan Anda. Tentunya Anda tahu kan akibat yang ditimbulkan oleh konsumsi gula berlebih. Semoga informasi ini bermanfaat.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …