Tuesday, 27 September, 2016
Home » Informasi » 3 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
darah

3 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ideamardiana.com – Banyak di antara kita yang baru mengetahui jika hampir seluruh kasus tekanan darah tinggi atau sekitar 90-95% dari kasus tersebut tidak diketahui penyebabnya dan terjadi karena turun temurun. Seperti yang disebutkan Goodhousekeeping.co.uk, sekitar 33% pria dan 25% wanita yang berusia 45-54 tahun cenderung lebih bisa terkena tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, kita tidak bisa menilai apakah seseorang memiliki tekanan darah tinggi atau tidak, hanya dari tingkat emosi orang tersebut.

Bahaya yang ditimbulkan apabila kita memiliki tekanan darah tinggi bisa sangat besar. Tekanan darah tinggi perlu segera dideteksi sedini mungkin dan ditangani dengan baik agar tidak memunculkan penyakit lain yang lebih serius seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Siapapun pasti tidak ingin hal itu terjadi pada diri mereka.

Tidak hanya kita yang memiliki tekanan darah tinggi, bagi kita yang memiliki tekanan darah normal juga harus tetap memperhatikan tekanan darah kita. Setidaknya kita mengetahui hal-hal atau cara dasar untuk menjaga agar tekanan darah tetap pada posisi yang seharusnya. Berikut 3 hal atau cara yang harus kita perhatikan dan kita lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Berat Badan

Cara pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga berat badan agar tetap pada ukuran normal orang dewasa. Berat badan ideal orang dewasa yang sesuai dengan BMI adalah 20-25 kg/. Untuk mengukur berat badan menurut BMI, cara menghitungnya yaitu berat badan dalam kg dibagi dengan tinggi badan kuadrat dalam meter.

Baca Juga: Manfaat Nutrishake Sebagai Penurun Berat Badan

Diet

Seperti yang telah kita ketahui, garam bisa menjadi salah satu bahan yang memicu naiknya tekanan darah. Untuk itu usahakan tidak mengonsumsi garam secara berlebihan. Konsumsilah kurang dari 6 gram setiap harinya. Selain itu, kita juga harus membatasi konsumsi gula. Dengan mengonsumsi gula dan sayur yang sehat, stamina kita bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Makanan Rendah Kalori yang Sesuai Untuk Diet Anda

Olahraga

Lakukan olahraga yang ringan dan mudah, tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Olahraga ringan yang bisa kita lakukan yaitu dengan berjalan cepat atau berlari selama kurang lebih 30 menit per hari. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal kita bisa melakukannya sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Cara yang Keliru Untuk mendapatkan Tubuh yang Ideal

Demikian cara-cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah yang kita miliki. Cara tersebut sangat sederhana dan bisa dilakukan di waktu luang kita. Namun untuk menyeimbangkan dan juga menyempurnakan hidup sehat kita, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan membatasi makanan yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat bagi kita. Dan jangan pernah malas untuk melakukan cara-cara di atas.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Artikel Lainnya

masker lobak

Khasiat Masker Lobak Untuk Menghilangkan Jerawat

Ideamardiana.com – Salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan adalah adanya jerawat yang muncul di …