Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Kesehatan » 3 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Dapat Merusak Gigi
penyebab gigi rusak

3 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Dapat Merusak Gigi

Ideamardiana.com – Malas menggosok gigi kurang dari 3 kali sehari dan tidak pernah memeriksakan diri ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali merupakan kebiasaan buruk yang dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi kita. Jarang menyikat gigi saat menjelang tidur juga dapat berdampak buruk pada gigi jika dilakukan berkepanjangan, karena dapat membiarkan bakteri di gigi berkembang selama Anda tidur. Namun ternyata tidak hanya kebiasaan ntersebut yang dapat membahayakan gigi Anda. Berikut ini beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan gigi Anda:

Mengunyah Es Batu

Walaupun terdengar sepele, namun sebenarnya mengunyah es batu dapat menyebabkan keretakan kecil pada gigi. Temperatur es batu yang sangat dingin merupakan temperatur yang tidak ideal untuk bagian dalam mulut yang suhunya cenderung hangat. Ketika gigi menguyah sesuatu yang keras dan memiliki temperatur dingin yang ekstrem, tekanan ini walaupun ringan dapatt membuat enamel mengalami keretakan keci. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, maka retakan itu akan melebar dan menyebabkan gigi Anda menjadi sensitif.

Baca Juga : Rahasia Gigi Ampuh

Menggunakan Gigi Sebagai “Alat”

Anda mungkin sering membuka bungkusan, baik itu camilan atau bungkusan dari plastik lainnya dan lebih sering menggunakan gigi taring Anda dibandingkan harus mencari gunting yang membutuhkan waktu. Jika benar, maka Anda telah membuat umur kesehatan gigi Anda berkurang. Karena, gigi Anda diciptakan bukan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukannya.

Kebiasaan buruk merobek bungkusan camilan Anda dengan gigi hingga membuka tutup botol menggunakan gigi, perlahan akan menyebabkan gigi rusak. Karena seiring bertambahanya usia sesorang, kondisi gigi juga akan mengalami penurunan dan menjadi lebih rapuh. Oleh karena itu, rubahlah kebasaan ini karena akan menyebabkan gigi dan gusi Anda mengalami kerusakan yang lebih cepat dibandingkan usia seharusnya.

Baca juga : Tips Menjaga Gigi Putih

Menyikat Gigi Dua Arah

Kebanyakan orang biasanya memiliki kebiasaan menyikat gigi dengan gerakan horisontal, yaitu gerakan menyamping ke kiri dan kanan. Namun, tanpa Anda sadari, gerakan menyikat gigi yang telah menjadi kebiasaan banyak masyarakat ini terbyata salah besar. Menyikat gigi dengan gerakan horisontal dapat mengikis email yang terdapat di gigi. Gerakan horisontal ini merupakan gerakan yang hanya menyikat bagian-bagian itu saja. Akibatnya email gigi akan terkikis secara perlahan jika dilakukan dalam jangka waktu yang  lama. Cara menyikat gigig yang benar adalah dengan menyikat gigi secara memutar dari bawah ke atas dna fokus menyikat pada bagian keseluruhan gigi.

Baca Juga : Tips Membersihkan Lidah

Informasi diatas merupakan tiga kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapa menyebabkan gigi Anda mengalami kerusakan. Oleh karen itu, sekarang cobalah untuk lebih berhati-hati dengan kebiasaan yang Anda lakukan. Cobalah untuk merubah kebiasaan Anda ini, jika Anda ingin gigi Anda tetap sehat sesuai usia Anda.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …