Tuesday, 27 September, 2016
Home » Tips Keuangan » 3 Tips Dari Commonwealth Untuk Perencanaan Keuangan Anda
commonwealth

3 Tips Dari Commonwealth Untuk Perencanaan Keuangan Anda

Ideamardiana.com – Sebagai makhluk sosial, Anda pasti mempunyai berbagai keingingan, kebutuhan dan target untuk dicapai baik dalam jangka pendek, jangka menengah, ataupun jangka panjang. Mewujudkan semua rencana yang telah Anda susun bukanlah hal yang mudah. Terkadang rencana tersebut hanya menjadi sebuah wacana karena terhambat oleh berbagai faktor, salah satunya adalah dana.

Melihat hal tersebut, Anda harus mempersiapkannnya secara matang jauh-jauh hari. Membuat perencanaan mengenai biaya yang harus dikeluarkan dan bagaimana mendapatkannya bukanlah hal yang berlebihan untuk dilakukan. Ketepatan dalam merencanakan dan mengelola keuangan akan membantu Anda meraih target-target yang telah ditentukan. Tanpa persiapan yang matang, banyak kendala yang akan memperlambat target tercapai.

Melakukan perencanaan terhadap keuangan adalah salah satu kunci Anda agar berhasil dalam mengelola keuangan sehingga target finansial tercapai dalam waktu tepat. Melakukan perencanaan keuangan dapat Anda lakukan sedini mungkin, yaitu ketika Anda memiliki penghasilan maupun telah memiliki target di masa mendatang. Berusahalah untuk tidak lalai dengan adanya kebutuhan mendatang. Hal ini perlu dipersiapkan karena sebagai seseorang yang baru memiliki penghasilan sendiri memiliki kecenderungan untuk menggunakan uang hasil bekerjanya untuk berfoya-foya. Al hasil uang akan ludes dan target terbengkalai.

Dengan melihat pola perilaku tersebut, perlu adanya pengetahuan untuk mengatur keuangan agar terkelola secara baik. Perlu untuk melakukan pemisahan untuk uang harian dan uang tabungan yang dipersiapkan untuk mencapai target-target Anda. Setiap orang memiliki target finansial yang tidak sama, akan tetapi ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan dan ditambahkan dalam perencanaan keuangan. Komponen utama yang harus Anda masukkan dalam perencanaan keuangan terbagi menjadi 3 , yaitu :

Asuransi

Sebagai seseorang yang sudah bekerja, asuransi adalah hal yang tidak boleh disepelekan. Asuransi mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga Anda dari berbagai kemungkinan buruk yang terjadi. Asuransi memiliki mekanisme berupa perlindungan yang diberikan dari pihak tertanggung apabila suatu resiko terjadi. Dengan memiliki asuransi Anda akan terbebas dari kerugian.

Dana Darurat

Merupakan suatu jenis simpanan yang digunakan apabila terjadi kondisi darurat. Dana ini dipersiapkan untuk membiayai keperluan yang datang tak terduga. Nilai minimal yang sebaiknya Anda miliki untuk dana darurat adalah sebesar tiga kali dari penghasilan bulanan Anda. Dana darurat memiliki fungsi yang hampir sama dengan asuransi. Hanya saja cara yang diterapkan keduanya berbeda. Asuransi dibayarkan ke pihak tertanggung dan memiliki spesifikasi tersendiri sedangkan dana darurat dapat Anda kelola sendiri.

Investasi

Investasi atau tanam modal merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan keuangan dalam jangka panjang. Investasi juga berkaitan dengan aktivitas ekonomi sehingga akan banyak kemungkinan untuk untung atau rugi.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: cara melakukan perencanaan keuangan agar mencapai target, cara merencanakan keuangan commonwealth