Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » 4 Cara Mengelola Keuangan Sebelum Memasuki Dunia Kerja
Dunia Kerja

4 Cara Mengelola Keuangan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Ideamardiana.com – Ketika Anda masih bersekolah atau duduk di bangku kuliah, Anda belum terlalu bisa mengatur keuangan dengan baik dan bijaksana. Alasannya, uang yang Anda miliki saat itu didapatkan dari orang tua Anda dan bukan dari diri Anda sendiri. Oleh sebab itu, Anda pun mempergunakan uang tersebut sesuai dengan keinginan Anda, tanpa memikirkan terlebih dahulu apakah uang yang Anda miliki benar-benar dipergunakan untuk sesuatu yang penting.

Akan tetapi saat Anda sudah memasuki dunia kerja dan menghasilkan uang sendiri dari gaji yang Anda peroleh, Anda diharuskan untuk dapat mengelola keuangan sendiri. Apabila Anda bisa mengelola uang dengan sebaik mungkin maka uang yang Anda miliki akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda dan tidak lagi meminta uang pada orang tua.

Seperti yang dilansir dari laman Allwomenstalk pada Kamis, 17 Maret 2016, terdapat 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan dengan baik sebelum memasuki dunia kerja. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Memisahkan Kebutuhan

Cara pertama untuk mengelola keuangan sebelum memasuki dunia kerja adalah memisahkan kebutuhan. Dalam mengatur anggaran, pastikan bahwa kebutuhan utama atau kebutuhan terpenting sudah Anda pisahkan. Dengan kata lain, Anda harus memisahkan uang tabungan Anda terlebih dahulu sebelum membagi uang yang akan dipergunakan untuk belanja.

Baca Juga : Strategi Dalam Merencanakan Keuangan Pribadi

Membuat Anggaran

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu membuat anggaran. Membuat anggaran merupakan salah satu metode agar Anda disiplin dalam mengatur keuangan. Setiap minggu atau setiap bulannya Anda perlu membuat anggaran belanja. Hal yang terpenting adalah Anda harus mengurangi anggaran dana yang dikeluarkan untuk sesuatu yang belum benar-benar Anda butuhkan.

Baca Juga : Tips Menghemat Gaji Bulanan

Belajar Untuk Berkata ‘Tidak’

Cara ketiga untuk mengelola keuangan sebelum Anda bekerja adalah belajar berkata ‘tidak’. Tidak sedikit teman Anda yang mempengaruhi Anda mempergunakan uang yang Anda miliki untuk kesenangan semata seperti misalnya makan malam di restoran mahal, menonton film, atau membeli barang-barang di mall. Jika ada teman Anda yang mengajak untuk melakukan hal-hal tersebut maka belajarlah untuk menolaknya.

Berbicara Dengan Orang Tua

Cara terakhir adalah berbicara dengan orang tua. Anda bisa meminta bantuan pada orang tua Anda untuk mengajarkan bagaimana cara disiplin dalam mengatur anggaran dan belajar hidup seimbang. Dengan pengalaman yang mereka miliki, bisa dipastikan mereka lebih paham tentang cara mengelola keuangan dengan baik.

Baca Juga : Tips Dalam Merencanakan Keuangan Di Hari Tua

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola atau mengatur keuangan sebelum memasuki dunia kerja. Dengan mengetahui dan menerapkan keempat cara tersebut, diharapkan ketika Anda telah bekerja dan menghasilkan uang sendiri, Anda bisa mengelola keuangan Anda dan mampu mempergunakan uang dengan bijaksana. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: belajar mengatur keuangan pribadi 2016, cara mengatur keuangan masuk, cara mengelola keuangan