Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Kesehatan » 4 Makanan Yang Berperan Baik Untuk Kesehatan Otak
makanan baik untuk otak

4 Makanan Yang Berperan Baik Untuk Kesehatan Otak

Ideamardiana.com – Makan merupakan salah satu kebutuhan hidup begi setiap manusia, karena makan adalah salah satu aktivitas membantu seseorang untuk dapat bertahan hidup. Namun, beberapa orang menganggap makan merupakan kebutuhan pokok hingga Ia lupa untuk tetap selalu memperhatikan makanan yang Ia konsumsi setiap harinya. Oleh karena menurut beberapa penelitian ternyata terdapat beberapa makanan lezat yang justru dapat membahayakan kesehatan Anda.

Beberapa makanan ada yang dapat memicu obesitas, makanan yang dapat meningkatkan resiko kanker, makanan yang dapat meningkatkan seseorang beresiko jantung dan dapat berbahaya bagi kesehatan dan performa otak Anda. Performa dan kesehatan otak tentunya sangat penting untuk setiap orang. Berikut ini beberapa makanan yang dapat berbahaya bagi kesehatan otak Anda:

Tuna

Ketika Anda mengkonsumsi tuna dalam porsi yang sesuai dengan tubuh, tentunya hal ini akan memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan otak. Namun, berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi di di Jurnal Integrative Medicine menemukan bahwa jika mengkonsumsi tuba atau ikan lainnya seperti kakap, kerapu dan tongkol sebanyak tiga kali dalam seminggu atau berlebih justru akan meningkatkan kerusakan kemampuan kognitif dan disfungsi kerja otak. Peneliti meyakini bahwa kandungan merkuri yang tinggi pada ikan-lah yang dapat membahayakan kesehatan otak.

Sodium

Bagi Anda yang hobi memasak dan menambahkan banyak sodium ke dalam masakan Anda, cobalah untuk mengurangi sodium ini. Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada menyatakan bahwa mengkonsumi sodium dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan resiko alzheimer yang juga berdampak pada kemampuan kognitif. Orang yang mengkonsumsi sodium tinggi dan jarang melakukan olahraga akan mudah mengalami penurunan kemampuan kognitif dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi tinggi.

Tahu

Tahu, merupakan makanan khas Indonesia yang juga merupakan makanan favorit yang tidak pernah dilewatkan setiap keluarga Indonesia. Namun, ternyata nutrisi yang terkandung di dalam tahu dapat meningkatkan resiko penurunan kognitif yang dapat melemahkan memori bahkan ingatan. Seseorang yang mengkonsumsi tahu sembilan kali atau bahkan lebih dapat mengalami penurunan daya ingat yang lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi tahu. Peneliti menduga fitoretrogen yang terdapat dalam tahu inilah yang menyebabkan menurunnya daya ingat tersebut.

Lemak Trans

Sebuah penelitian yang dipublikasi di Jurnal PLoS One menyatakan bahwa mengkonsumsi lemak trans berlebih dapat menyebabkan seseorang kesulitan mengingat kata. Study yang dilakukan pada 1018 relawan yang mengonsumsi lemak trans dari 3,8 gram hingga 27,7 gram ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi lemak trans tertinggi lebih sulit menghafal kata dibandingkan mereka yang tidak.

Itulah beberapa makanan yang ternyata justru berbahaya untuk kesehatan otak Anda. Agar otak tidak mengalami penurunan kemampuan kognitif, cobalah untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …