Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » 5 Cara Memotivasi Diri Dalam Mengendalikan Waktu
Pengendalian Waktu

5 Cara Memotivasi Diri Dalam Mengendalikan Waktu

Ideamardiana.com – Mengendalikan waktu memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasti banyak diantara Anda yang memiliki kesulitan untuk membagi waktu dalam aktifitas yang padat. Bahkan, sekedar untuk beristirahat saja terkadang Anda tidak sempat padahal hal ini sangat penting dilakukan agar stabilitas tubuh terjaga. Atau untuk Anda yang gemar menunda pekerjaan, mengendalikan waktu untuk mengerjakan pekerjaan sulit dilakukan padahal telah memiliki banyak waktu senggang. Tipe penunda pekerjaan ini biasanya mengerjakan segala sesuatu setelah hampir mencapai masa deadlinenya, alhasil pekerjaan Anda tidak akan maksimal.

Dalam mengendalikan waktu yang Anda miliki, ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan.

Cara Mengendalikan Waktu

Menentukan Skala Prioritas Dalam Pekerjaan Anda

Sebelum mengerjakan pekerjaan Anda, sebaiknya membagi pekerjaan mulai dari pekerjaan yang memiliki aspek atau dampak paling besar. Dampak besar ini bisa untuk diri Anda sendiri maupun untuk keseluruhan pekerjaan. Ada beberapa tipe orang cenderung suka menyelesaikan pekerjaan beratnya terlebih dahulu, setelah itu baru menyelesaikan pekerjaan yang ringan.

Ciptakan Suasana Yang Mendukung Pekerjaan Anda

Suasana tempat kerja akan sangat mempengaruhi kinerja Anda. Maka dari itu sebelum Anda memulai pekerjaan, kondisikan lingkungan disekitar mendukung seperti keluarga, rekan kerja, hingga meja kerja. Apabila semuanya telah tersusun secara rapi, maka akan dapat meminimalisasi gangguan yang masuk saat menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Lihat Waktu Yang Telah Anda Jalani dan Lakukan Evaluasi

Kadang Anda akan merasa bahwa waktu 24 jam sangat kurang untuk menyelesaikan pekerjaan. Masa-masa super sibuk ini membuat waktu terasa berputar lebih cepat. Keadaan ini dapat terjadi akibat Anda tidak dapat mengendalikan waktu sehingga tidak dapat mengetahui mana waktu yang termanfaatkan dan mana waktu yang terbuang sia-sia. Solusi untuk melihat efektifitas waktu Anda adalah dengan membuat jadwal secara rinci, selipkan waktu untuk beristirahat sejenak agar badan dan pikiran tidak stress. Jalani jadwal yang telah Anda buat dengan kedisiplinan agar menghasilkan hasil yang optimal.

Mencari Kiat Memaksimalkan Waktu Anda

Akan ada banyak cara untuk mengefisienkan waktu yang sangat ketat. Salah satunya adalah menghilangkan kebosanan dengan pekerjaan yang sama di setiap waktunya. Setiap orang akan memiliki caranya masing-masing.

Lakukan Modifikasi Jadwal

Untuk menghindari kebosanan, Anda juga dapat melakukan modifikasi jadwal secara berkala. Semuanya dapat disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda prioritaskan. Cara ini akan efektif untuk mengendalikan waktu yang Anda miliki. Anda tidak perlu terpatok dalam satu jadwal yang terkadang sudah berbeda dengan kesibukan di kemudian hari.

Dengan kelima cara diatas, maka upaya untuk memiliki hidup yang rapi akan terwujud. Anda tidak akan merasa waktu berlalu begitu cepat ataupun begitu lambat.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: bagaimana cara pengendalian oriflame, cara membagi masa kerja dan pejagaan diri kecantikan?, cara membagi pekerjaan dengan optimal di waktu yang padat, cara mengendalikan waktu, cara mengendalikan waktu anda, mengapa waktu terasa berputar begitu cepat