Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » 5 Cara Mengatasi Pasangan Yang Tertutup Soal Keuangan
sepasang kekasih

5 Cara Mengatasi Pasangan Yang Tertutup Soal Keuangan

Ideamardiana.com – Berbicara mengenai keuangan merupakan hal yang sensitif bagi kebanyakan orang, meskipun mereka yang telah berpasangan. Faktor utama biasanya terletak pada gaya hidup seseorang sebelumnya, yang mengakibatkan mereka cenderung tertutup pada Anda, atau bahkan sebaliknya. Ketika uang telah menjadi tanggungjawab istri yang mengelola, orang yang memiliki gaya hidup konsumtif akan tergiur untuk membelanjakannya secara berlebihan.

Tidak hanya seorang istri, suami yang tertutup terhadap kondisi keuangan rata-rata menyimpan uangnya untuk keperluan pribadi. Misalnya, dia membeli sejumlah tas kantor, perkakas motor, dan modifikasi kendaraan tanpa sepengetahuan sang istri. Agar tidak terjadi hal tersebut, maka disarankan tiap pasangan melakukan beberapa cara yang dijelaskan sebagai berikut :

Berhati-Hati Dalam Berbicara

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajaknya berbicara secara baik-baik. Jangan memulai dengan kalimat “ada yang ingin saya bicarakan” atau kalimat lainnya yang membawa sifat defensif terhadap pasangan Anda. Alih-alih mengetahui informasi, hubungan Anda bisa menjadi tidak harmonis. Cobalah ajak dia berbicara di dalam keadaan yang santai tetapi serius, agar dia juga memberikan jawaban yang sejujurnya.

Membangun Kepercayaan

Kepercayaan tidak hanya masalah berhubungan dengan orang lain ketika Anda telah menjalani rumah tangga, tetapi juga masalah keuangan. Anda sebaiknya memberikan kepercayaan kepada istri untuk mengelola uang secara utuh, sehingga dia memiliki rasa tanggungjawab dan segan terhadap Anda. Sebaliknya, istri harus mempercayai bahwa suami memberikan seluruh uangnya seperti yang dia katakan pada Anda.

Bersikap Terbuka

Jika Anda adalah orang yang konsumtif, maka terbukalah. Keadaan ini mungkin tidak membawa Anda pada pemenuhan barang yang diinginkan, akan tetapi Anda dan pasangan bisa saling membangun cara untuk mengatasinya. Jika Anda seorang suami juga harus terbuka bahwa Anda harus menyimpan uang untuk membayar cicilan, sehingga baik istri atau Anda bisa mengatur pengeluaran dengan baik.

Membuat Komitmen Jadwal Belanja

Belanja merupakan kebutuhan setiap orang, khususnya bagi mereka yang berpasangan. Tampil menarik berdua dihadapan banyak orang merupakan sebuah kebanggaan bagi tiap pasangan. Jika untuk hal itu Anda harus menghabiskan banyak uang, maka berbicaralah dengan pasangan Anda agar membuat jadwal rutin belanja. Hal tersebut juga bisa dilakukan secara bersama-sama sehingga bisa mengetahui pengeluaran masing-masing pasangan dan saling mengingatkan untuk penghematan.

Ciptakan Rasa Nyaman

Ketika istri atau suami Anda sedang dalam keadaan banyak pikiran, jangan manambah pikirannya lagi dengan keinginan konsumtif Anda. Sebaliknya, ciptakan rasa nyaman kepada pasangan, sehingga beban yang mereka tanggung lebih ringan dibanding sebelumnya. Setelah cukup nyaman, Anda bisa saling berbagi kebutuhan yang sedang diinginkan. Akhirnya, baik Anda maupun pasangan akan mencoba mencari solusi terbaik untuk pemenuhan kebutuhan dengan melihat aspek finansial yang ada.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: bagaimana cara mengetahui suami yg selalu tertutup tentang keuangan, suami tertutup masalah keuangan, bila istri tertutup dengan keuangan, cara menghadapi suami yang tertutup soal keuangan, istri tertutup soal keuanganya