Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Keuangan » 5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tetap Sehat
uang sehat

5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tetap Sehat

Ideamardiana.com – Hampir segala hal berhubungan dengan uang, oleh karena itu, sejumlah uang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Kesulitan dalam mengatur kondisi keuangan Anda bisa berakibat kepada tidak seimbangnya hidup. Banyak orang yang akhirnya melakukan segala hal karena kesulitan mengatur uang namun memiliki tuntutan yang tinggi. Hal ini yang sangat diwaspadai oleh setiap orang termasuk Anda.

Benar bahwa uang yang sehat membuat tubuh dan jiwa Anda juga sehat. Maka dari itu, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk memastikan bahwa kondisi uang Anda selalu sehat. Untuk memberikan hasil yang baik, Anda perlu mengerjakannya secara bertahap. Berikut adalah beberapa tips yang akan dijabarkan agar Anda memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan uang, fisik, dan jiwa.

Lakukan Secara Fokus dan Spesifik

Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara juga untuk mengelola keuangan Anda. Antara lain adalah dengan asuransi, investasi, berbagai jenis kredit, dan sebagainya. Namun setiap kegiatan juga memerlukan uang yang tidak sedikit. Maka dari itu, Anda tidak disarankan menyerahkan segala uang ke dalam berbagai jenis di atas. Pilihlah kegiatan yang paling Anda butuhkan dengan cara membuat skala prioritas terlebih dahulu. Cobalah untuk mengambil 1-2 kegiatan dan tunggu hasilnya beberapa waktu kemudian.

Lakukan Secara Bertahap

Maksudnya adalah tidak secara mendadak merubah gaya hidup. Misalnya Anda terbiasa untuk membeli baju minimal 10 potong dalam 1 bulan, maka dapat dikurangi 2 setiap bulannya. Sangat baik jika Anda bisa melakukan perubahan secara drastis, namun itu justru akan membuat Anda merasa tertekan. Hal ini sama halnya dengan diet, Anda bisa memulai diet ringan terlebih dahulu. Jika tidak, Anda akan balas dendam dengan makan lebih banyak setelah diet selesai.

Lakukan Secara Konsisten

Pepatah Jawa mengatakan “alon-alon asal kelakon” berarti pelan-pelan saja asal terlaksana. Hal tersebut juga mengandung bahwa sebuah kegiatan tidak melihat dari perubahan yang besar terlebih dahulu, yang penting dapat dilakukan secara perlahan dan konsisten. Jika sudah konsisten dapat dilaksanakan percayalah bahwa keuangan Anda akan prima dan bisa dinikmati untuk keperluan jangka panjang.

Jaga Arus Kas Anda

Maksudnya adalah jaga pengeluaran dan pemasukan keuangan Anda. Meskipun terkadang pemasukan lebih besar dari biasanya dengan beberapa kegaitan yang Anda kerjakan, bukan berarati pengeluaran juga bisa menjadi lebih besar. Aturlah pengeluaran pada koridornya, sehingga ketika penghasilan Anda tiba-tiba menurun atau sedang tidak dibagikan, Anda memiliki beberapa simpanan uang yang sangat berguna.

Selalu Monitor Perkembangan Investasi Anda

Tidak semua orang mengetahui perkembangan investasi yang sedang ia jalankan. Dia hanya berpikir bahwa investasinya mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya. Padahal jika dimonitor terdapat bahwa beberapa bulan mengalami fluktuasi yang tidak wajar. Monitor diperlukan supaya Anda tidak kaget menghadapi kejadian yang serupa dalam waktu yang lama, sehingga nilai investasi tetap bisa dipertahankan keseimbangannya.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: cara mengatur keuangan agar tetap sehat, cara mengatur keuangan perusahaan yang tidak sehat