Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » 5 Cara Menyelesaikan Masalah Dalam Kelompok
Problem Solving
Cara Menyelesaikan Masalah Kelompok

5 Cara Menyelesaikan Masalah Dalam Kelompok

Ideamardiana.com – Anda pasti lebih banyak menghabiskan waktu masa muda untuk bersekolah. Sejak usia enam atau tujuh tahun hingga belasan tahun, Anda menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA. Selanjutnya Anda memilih untuk bekerja atau berkuliah. Tanpa Anda sadari banyak ilmu dari mata pelajaran yang Anda dapatkan semasa sekolah atau kuliah yang ternyata tidak bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya ketika Anda sudah bekerja, Anda tidak akan bisa mengembangkan karir atau mendapat kenaikan gaji hanya dengan mengandalkan kemampuan Anda menyelesaikan soal-soal aljabar.

Di sisi lain, David Jonassen, seorang psikolog pendidikan dari University of Missouri melakukan sebuah riset mengenai bagaimana cara membangun pemecahan masalah yang lebih baik. Jonassen mengungkapkan bahwa ada dua macam masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang. Pertama, well-structured problems, yakni masalah yang terjadi di sekolah atau kampus dan seringkali dikatakan sebagai masalah dengan tujuan yang sudah diketahui. Kedua, ill-structured problems, yaitu masalah yang sering terjadi pada sebuah bisnis dan biasanya mempunyai beberapa solusi yang menguntungkan atau merugikan, tergantung pada situasinya.

Menurut Jonassen, terdapat  5 cara menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kelompok. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 1  Tentukan Masalah

Cara pertama yaitu menentukan masalah. Menentukan hal yang dipermasalahkan dapat mempengaruhi solusi yang dihasilkan.

 2  Lihat Dari Berbagai Perspektif

Cara kedua adalah melihat dari berbagai perspektif. Agar dapat melihat sisi lain dari sebuah hal, Anda perlu memiliki perspektif atau cara pandang. Hal tersebut merupakan keuntungan dari fungsi dua arah dan kelompok yang menyatu.

 3  Kumpulkan Bukti

Cara ketiga yakni Anda lebih baik mengumpulkan bukti untuk mengevaluasi setiap sudut pandang yang ada ketimbang memperdebatkan mengenai sudut pandang siapa yang paling baik.

 4  Bersikap Fleksibel dan Adil

Cara keempat ialah sebuah kelompok harus bisa bersikap fleksibel agar selalu ada jalan untuk memecahkan masalah yang terjadi. Selain itu, sebuah kelompok juga harus adil dan mampu menempatkan diri dengan netral serta tidak memihak pada salah satu pihak yang terlibat dalam permasalahan.

 5  Satukan Semua Pemahaman

Cara terakhir yaitu dengan menyatukan semua pemahaman. Sangat jarang untuk menemukan satu sudut pandang yang benar. Dalam sebuah kelompok, mempersatukan perspektif baru yang bisa mengintegrasikan elemen terbaik di dalamnya merupakan hal yang sangat penting. Dengan begitu kelompok tersebut akan bisa menerapkan pemahaman yang baru.

Baca Juga : 5 Tips Menghilangkan Rasa Iri Hati

Demikianlah 5 cara menyelesaikan masalah dalam kelompok menurut Jonassen, seorang psikolog pendidikan dari University of Missouri. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, diharapkan masalah yang terjadi dalam kelompok bisa diatasi dan diselesaikan secepat mungkin tanpa merugikan pihak tertentu. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …