Wednesday, 28 September, 2016
Home » Informasi » 5 Fakta Penting Tentang Rematik Yang Wajib Diketahui
rematik

5 Fakta Penting Tentang Rematik Yang Wajib Diketahui

Ideamardiana.com – Banyak mitos yang beredar mengenai rematik. Sayangnya mitos-mitos tersebut telah dipercayai begitu saja oleh sebagian banyak orang meskipun keberadaan mitos itu sendiri belum tentu benar. Dikutip dari laman webmd.com, terdapat lima hal atau  fakta tentang rematik yang harus kita ketahui. Simak ulasannya berikut ini.

Mengonsumsi Sayuran

Kebanyakan orang mengira bahwa mengonsumsi sayur bayam dan kangkung bisa menyebabkan sakit rematik. Namun hal tersebut tidak benar. Faktanya adalah apabila kita sedang sakit rematik, sangat disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung purin karena dapat membuat sakit rematik kita kambuh. Beberapa makanan yang mengandung purin di antaranya yaitu seafood atau makanan laut dan jeroan.

Baca Juga: Manfaat Utama Minuman Nutrishake Bagi Kesehatan

Penyakit Turunan

Rematik merupakan penyakit turun temurun. Salah jika kita mempercayai hal tersebut. Kenyataannya rematik bukanlah sebuah penyakit yang diturunkan langsung dari orang tua kepada anaknya. Meskipun begitu, memang terdapat kecenderungan keluarga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit rematik.

Mandi Malam

Mandi di malam hari dapat menyebabkan sakit rematik. Banyak orang beranggapan jika sering mandi malam di usia yang masih muda akan mengakibatkan sakit rematik pada usia tua. Padahal fakta yang sebenarnya terjadi adalah mandi malam sama sekali tidak ada kaitannya dengan sakit rematik. Akan tetapi jika kita mempunyai sakit rematik sangat disarankan untuk tidak mandi di malam hari apalagi dengan menggunakan air dingin karena hal tersebut dapat mengakibatkan otot menjadi kaku dan juga menimbulkan nyeri pada otot.

Lanjut Usia (Lansia)

Ada yang menyebutkan bahwa sakit rematik hanya menyerang orang yang berusia lanjut. Bayangkan jika hal tersebut benar, kemungkinan besar akan banyak anak-anak atau remaja yang dengan leluasa melakukan apapun yang mereka inginkan tanpa memperhatikan kesehatan tubuh. Tetapi faktanya, penyakit rematik bisa menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik yang masih muda maupun yang sudah tua.

Penyakit Asam Urat

Asam urat bisa menjadi penyebab munculnya sakit rematik. Namun sebenarnya hanya 10% asam urat yang berlebih yang bisa menyebabkan sakit rematik. Asam urat akan menimbulkan sakit rematik jika asam urat berkumpul di sendi.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Minuman Kesehatan Nutrishake

Itulah fakta-fakta menarik tentang rematik yang perlu kita ketahui. Sebaiknya kita tidak mudah untuk mempercayai suatu hal sebelum mencari kebenarannya, termasuk kebenaran mengenai rematik tersebut. Selain itu, hal penting yang harus kita lakukan adalah menjaga pola makan kita dengan baik agar tubuh tetap sehat dan bisa terhindar dari sakit rematik. Mulailah melakukan hal-hal yang sederhana, seperti mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik dan juga menyehatkan. Semoga informasi yang telah dibahas dapat bermanfaat bagi kita.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Artikel Lainnya

masker lobak

Khasiat Masker Lobak Untuk Menghilangkan Jerawat

Ideamardiana.com – Salah satu hal yang dapat mengganggu penampilan adalah adanya jerawat yang muncul di …