Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » 5 Hadiah Yang Bernilai Tinggi dari Kegagalan Pengalaman Anda
john maxwell

5 Hadiah Yang Bernilai Tinggi dari Kegagalan Pengalaman Anda

John Maxwell, seorang penulis terkenal dan pakar bidang kepemimpinan, pernah menyampaikan hal ini di bukunya, Failing Forward. Ketika dilanda kegagalan, orang yang sukses biasanya menerima emosi-emosi negatif yang dirasakan, lalu segera melupakannya dan tetap berjalan maju. Kita boleh saja berhenti sejenak untuk menarik hikmah dari kegagalan, tapi jangan terlalu lama, karena akan mengganggu konsentrasi serta meruntuhkan rasa percaya diri.

Ideamardiana.com menganggap kegagalan itu sebagai hadiah. Dan, hadiah-hadiah yang diberikan oleh kegagalan mengajarkan kita nilai-nilai yang berharga dalam kehidupan.

Hadiah-Hadiah Kegagalan

Kerendahan Hati

rendah hatiKegagalan membuat kita berhadapan dengan keterbatasan kita. Bahwa kita bukannya tak terkalahkan. Bahwa tak semua yang kita mau bisa diperoleh. Ada hal-hal yang ternyata tak bisa kita capai, betapapun kerasnya kita berusaha. Oleh karenanya, kita harus rendah hati. Selain itu, empati akan ikut terarah karena kita mengalami sendiri seperti apa rasanya berada pada titik terbawah dalam hidup. Begitu kembali ke puncak, kita akan bisa menerima keberhasilan dengan lebih arif.

Tanggung Jawab

tanggung jawabSaat gagal, orang cenderung menyalahkan orang atau hal-hal lain sebagai penyebab. Sikap ini membuat kita terjerumus dalam mental sebagai korban, lalu menyerahkan nasib pada orang lain. Kita tidak terdorong untuk belajar dari kegagalan dan mau bertanggung jawab atas kegagalan tersebut.

Kebijaksanaan

kebijaksanaanBanyak orang berkata pertambahan usia dan penderitaan hidup akan membuat kita makin bijaksana. Sebenarnya, yang lebih tepat adalah kayanya pengalaman hiduplah yang membuat kita semakin bijaksana. Ketika kita belajar merangkul kegagalan dan kesalahan hidup, kita memposisikan diri untuk menerima pelajaran hidup yang mungkin tak akan kita pelajari saat berada di puncak kesuksesan.

Keberanian

beraniKegagalan membuat kita semakin berani dalam mengambil resiko dan menerima penolakan dari orang lain. Orang yang sukses tidak menilai dirinya berdasarkan performa mereka. Sebaliknya, mereka memiliki image diri yang sehat dan positif, yang tak mudah didikte atau ditentukan oleh apa yang terjadi di luar diri mereka. Alih-alih mengutuki diri atas kegagalan yang dialami, mereka memperbaiki diri untuk menjadi semakin kuat, tak sekedar untuk bertahan tapi terus berkembang.

Kegigihan

kegigihanKegagalan memberi kita pilihan, akan berhenti atau terus mencoba dan menjadi lebih tekun. Sejalan dengan kegigihan ini, kita semakin luwes melihat berbagai peluang baru dalam hidup. Kita juga semakin menantang diri untuk menggali lebih dalam, guna menemukan kekuatan-kekuatan baru kita.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …