Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » 5 Mitos Tentang Kepemimpinan (Leadership)
kepemimpinan

5 Mitos Tentang Kepemimpinan (Leadership)

Ada banyak pemikiran yang sering muncul di perbincangan orang-orang mengenai pemimpin dan kepemimpinan. Dipandang dari segi definisi, kepemimpinan adalah memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya.

Berikut ini ada 5 mitos yang paling umum mengenai kepemimpinan yang dikutip dari buku ” Leadership – John C. Maxwell “.

1. Mitos Manajemen

Ada sebuah pemahaman yang salah bahwa memimpin itu sama dengan mengelola. Hingga beberapa tahun yang lalu, buku yang dikira membahas kepemimpinan sesungguhnya membahas tentang mengelola. Perbedaan utama antara keduanya adalah kepemimpinan berhubungan dengan memengaruhi orang lain untuk membuatnya mengikuti, sementara mengelola berfokus pada mempertahankan sistem dan proses. Cara terbaik untuk menguji apakah seseorang bisa memimpin dan tidak sekedar mengelola adalah memintanya untuk menciptakan perubahan yang positif.

2. Mitos Pengusaha

Sering kali orang-orang beranggapan bahwa semua penjual dan pengusaha adalah pemimpin. Namun itu tidak selalu benar. Anda mungkin ingat iklan Ronco yang ditayangkan di televisi beberapa tahun yang lalu. Mereka menjual barang-barang seperti pemotong sayuran otommatis (Veg-O-Matic), pancing yang bisa di kantongi (Pocket Fisherman), dan alat yang bisa mengocok telur tanpa memecahkannya (Inside-the-Shell Egg Scrambler). Semua produk itu adalah hasil kerja seorang pemgusaha yang bernama Ron Popeil. Dijuluki sebagai penjual abad ini, ia juga tampil dalam berbagai macam iklan yang ditampilkan melalui televisi untuk produk-produk seperti semprotan.

Jelaslah sudah bahwa Popeil adalah seorang pengusaha yang inovatif dan sukses, khususnya jika Anda mengukurnya dengan hasil penjualan produknya senilai $300 juta. Namun itu tidak menjadikannya seorang pemimpin. Orang-orang mungkin membeli apa yang ia jual, namun mereka tidak mengikutinya. Ia mungkin mampu membujuk banyak orang untuk sesaat namun ia tidak memiliki pengaruh jangka panjang dengan mereka.

3. Mitos Pengetahuan

Sir Francis Bacon mengatakan bahwa “Pengetahuan adalah kekuatan”. Kebanyakan orang meyakini bahwa kekuatan adalah kunci dari kepemimpinan dan mengasumsikan bahwa mereka yang memiliki pengetahuan dan cerdas adalah para pemimpin. Namun itu tidak selalu benar. Anda bisa mengunjungi universitas terkenal manapun dan bertemu para ilmuwan cerdas dan filsuf yang kemampuan berpikirnya sangat tinggi sehingga menduduki peringkat teratas, namun kemampuan memimpinnya sangat rendah sehingga mereka bahkan tidak masuk peringkat sama sekali. memiliki IQ tinggi tidak berarti bisa memimpin.

4. Mitos Pelopor

kepemimpinanKonsep salah lainnya adalah bahwa siapa pun yang melakukan sesuatu pertama kali adalah seorang pemimpin. Namun menjadi yang pertama tidak selalu sama dengan memimpin. Misalnya, Sir Edmund Hillary adalah orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest. Sejak pendakiannya yang historis ditahun 1953 itu, banyak orang telah “mengikutinya” menaklukkan gunung itu. Namun itu tidak menjadikannya Hillary sebagai seorang pemimpin. Bahkan ia sendiri bukanlah pimpinan ekspedisi. Ekspedisi itu dipimpin oleh John hunt.

5. Mitos Posisi

Kesalah pahaman terbesar mengenai kepemimpinan adalah sering kali orang-orang menganggap bahwa kepemimpinan ditentukan oleh posisi. Tidak benar. Stanley Huffty mengakui, “Bukan posisi yang menentukan kepemimpinan, kepemimpinanlah yang menentukan posisi.”

Lihatlah apa yang terjadi beberapa tahun yang lalu di Cordiant, agen periklanan yang sebelumnya dikenal sebagai Saatchi & Saatchi. Pada tahun 1994, investor institusional di Saatchi & Saatchi memaksa jajaran direktur untuk memecat Maurice Saatchi, CEO perusahaan itu. Apa hasilnya? Beberapa orang eksekutif mengikutinya keluar.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: 5 mitos kepemimpinan