Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » 5 Tips Menghilangkan Rasa iri hati Terhadap Orang Lain
Iri Hati

5 Tips Menghilangkan Rasa iri hati Terhadap Orang Lain

Ideamardiana.com – Sebesar apapun usaha Anda untuk menyembunyikan rasa iri hati Anda dengan senyuman, bukanlah berarti rasa iri hati dapat menghilang begitu saja. Perasaan ini bisa membesar tak terbendung menjadi dengki yang merusak dan bahkan membuat Anda depresi. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa iri sebelum merusak diri Anda? Mulailah belajar untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain, lebih mensyukuri apa yang Anda punya, dan berlatih cara untuk mengubah sudut pandang Anda untuk menghilangkan rasa iri sebelum tak terkendali. Berikut penjelasan mengenai cara yang baik untuk menghilangkan rasa iri hati.

Memahami Perbedaan Antara Rasa Iri Hati dengan Cemburu

Rasa iri dan cemburu bukanlah dua hal yang serupa, meskipun masih banyak diantara kita yang masih menyalah artikan antara satu dengan lainnya. Anda perlu memahami perbedaan antara rasa iri dan rasa cemburu untuk menentukan perasaan mana yang sebenarnya Anda rasakan. Cemburu adalah reaksi yang timbul akibat adanya ancaman kehilangan sesuatu yang sudah Anda miliki. Sedangkan iri hati adalah reaksi yang timbul akibat adanya sesuatu yang tidak Anda miliki. Sebelum dapat mengatasi rasa iri Anda dengan cara yang benar, Anda perlu memahami penyebabnya. Jika Anda merasa iri karena teman Anda memiliki mobil baru, luangkanlah waktu untuk merenungkan penyebab Anda merasa iri. Sebelum mengatasi rasa iri Anda, pikirkanlah pertanyaan berikut ini untuk mencari tahu penyebabnya. Apakah Anda merasa iri karena ingin memiliki mobil yang sama seperti teman Anda? Atau apakah Anda iri pada kemampuannya untuk membeli sesuatu yang begitu mahal?

Baca Juga: Perbedaan Antara Motivasi dengan Inspirasi

Mengubah Cara pandang Terhadap Rasa Iri Hati

Untuk mengatasi rasa iri, Anda perlu menghargai apa yang Anda miliki, begitupun dengan apa yang telah orang lain dapatkan. Salah satu cara untuk mulai mengubah sudut pandang dan mengatasi rasa iri Anda adalah mencari cara untuk menghargai kesuksesan atau rezeki orang lain. Mulailah belajar untuk merasa bahagia atas pencapaian atau keberhasilan orang lain yang membuat Anda iri. Misalnya, cobalah untuk berbahagia untuk teman Anda yang bisa membeli mobil mewah, dan ubah rasa iri Anda menjadi rasa kagum terhadap teman Anda tersebut.

Baca juga: Manfaat memiliki Pikiran Positif

Mensyukuri Kondisi Saat Ini

Perlu Anda ketahui, bahwa ada hal yang bisa Anda ubah dan begitu pula dengan hal yang berada di luar kendali Anda. Salurkan energi Anda untuk memperbaiki keadaan yang bisa Anda ubah, dan jangan habiskan waktu untuk hal yang tidak bisa Anda kendalikan, karena tidak ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mengubahnya. Jika Anda tenggelam dalam hal yang tidak bisa Anda ubah, Anda bisa menjadi depresi. Waktu Anda dalam kehidupan ini terbatas, jadi jangan sia-siakan pada hal yang tidak akan berubah. Contohnya jika Anda berharap memiliki bakat di bidang musik seperti teman Anda, dan memiliki impian menjadi penyanyi dan penulis lagu, mulailah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai apa yang Anda impikan. Buatlah musik dengan sepenuh jiwa Anda, belajarlah menyanyi, menyanyilah di pertunjukan musik, kerahkan semua usaha Anda. Jika Anda yakin bisa masuk ke industri musik, atau sangat menyukai bidang ini dan ingin menghabiskan seumur hidup Anda bernyanyi, jangan biarkan apa pun menghentikan langkah Anda. Di sisi lain, ada hal-hal yang tidak akan berubah sekalipun dengan kerja keras dan keinginan yang kuat. Jika Anda jatuh cinta pada istri sahabat Anda misalnya, dan pernikahan mereka bahagia, Anda harus menerima bahwa keadaan ini tidak bisa Anda ubah. Menerima keadaan seperti ini adalah suatu hal yang sangat penting agar rasa iri tidak berubah menjadi dorongan negatif yang berbahaya.

Baca Juga: Perbedaan Kelas Menengah dengan Orang Kaya

Menghindari Membandingkan Diri

Mungkin saja seseorang terlihat seperti memiliki segalanya. Pacar yang sempurna, rambut yang bagus, nilai yang selalu bagus, dan hal lainnya yang menurut Anda terlihat sempurna. Namun selalu ada cerita di baliknya, karena tidak ada kehidupan yang sempurna. Jika seseorang kelihatannya memiliki segala hal yang Anda inginkan, kemungkinan juga ada sesuatu yang diinginkan olehnya. Jangan menganggap kehidupan seseorang lebih baik dan membenci keberuntungannya. Anda mungkin tidak mengetahui kelemahannya sama sekali. Lagipula semua orang sangat pandai dalam menyembunyikan kekurangannya. Namun, percayalah, ia pasti punya. Mengingatkan diri bahwa semua orang harus berjuang, mempunyai kebutuhan dan keinginan mungkin cukup untuk membuat Anda mengerti bahwa kita semua sebenarnya sama. Tidak perlu mencari-cari kelemahan orang lain! Percayalah bahwa ada yang tidak Anda ketahui. Cobalah untuk menyingkirkan rasa iri dan fokus pada diri sendiri menjadi lebih baik kedepannya.

Baca Juga: Maksimalkan Potensi dan Wujudkan Impian Anda Lebih Cepat

Menyadari Dampak Buruk Rasa Iri Hati

Bagaimana dampak buruk rasa iri hati terhadap kehidupan Anda? Persahabatan yang sudah Anda jalin sekian lama terancam putus karena Anda tidak bisa lagi berpura-pura untuk bahagia bersama teman Anda, sehingga Anda menghindari telepon darinya. Atau mungkin Anda yang selalu membuka halaman Facebook mantan pacar Anda hanya untuk memandangi fotonya dengan suaminya. Atau mungkin Anda yang membuka blog teman Anda dengan penuh kebencian hanya karena berharap memiliki sedikit bakat seninya. Semuanya merupakan contoh pengaruh buruk rasa iri yang menyita energi Anda, padahal bisa Anda gunakan untuk hal yang lebih positif. Rasa iri mungkin akan merusak diri Anda dengan beberapa cara:

  • Menyita waktu Anda
  • Mengganggu pikiran Anda
  • Merusak hubungan personal dan profesional Anda
  • Mengubah kepribadian Anda
  • Menciptakan hawa negatif dalam hidup Anda

Baca Juga: Cara Mengatasi Berbagai Hambatan

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: Memahami iri hati, cara mengatasi orang iri terhadap kita, menghadapi orang sirik dan dengki, agar supaya tidak iri sama rezeki orang, kisah sirik dengan kecantikan, menenangkan hati menghilangkan rasa iri hati, mengatasi keirian hati kepada orang lain, menghibdari rasa iri, menghilangkan rasa iri, orang sirik ketika teman buka usaha