Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » 5 Tips Sehat Agar Mampu Bekerja Di Depan Monitor Dalam Waktu Lama
depan laptop

5 Tips Sehat Agar Mampu Bekerja Di Depan Monitor Dalam Waktu Lama

Ideamardiana.com – Menghabiskan waktu bekerja selama berjam-jam di depan layar monitor laptop maupun komputer dapat membuat tubuh kita menjadi pegal. Tubuh juga menjadi terasa kaku dan mengalami nyeri otot karena kurangnya menggerakan tubuh. Hal tersebut juga dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan lainnya, seperti sakit mata dan sakit kepala.

Agar bekerja di depan monitor tidak lagi menyebabkan kelelahan atau mengganggu kesehatan, ada baiknya kita melakukan lima tips berikut ini.

Istirahatkan Mata 5 Menit Setiap Jam

Bekerja berjam-jam di depan komputer bisa menyebabkan mata kita lelah. Mata juga bisa menjadi kering dan sakit jika digunakan untuk menatap layar monitor selama berjam-jam tanpa henti. Oleh karena itu, sebaiknya istirahatkan mata kita selama 5 menit setiap jamnya. Sederhananya, pejamkan mata selama 5 menit setiap satu jam sekali. Dengan melakukan cara tersebut kita bisa mencegah otot mata kaku.

Berdiri dan Lakukan Peregangan Tubuh

Berdiri dan lakukan beberapa gerakan peregangan tubuh setiap setengah atau satu jam sekali. Gerakan yang bisa kita lakukan yaitu gerakan tangan dan kaki serta melemaskan otot-otot tubuh. Semua hal itu kita lakukan agar tubuh menjadi sehat dan aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Minum Air Putih

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh termasuk saat kita duduk selama berjam-jam di depan komputer tanpa banyak melakukan gerakan. Selain memastikan tubuh dapat mengeluarkan racun-racun berbahaya, air juga penting untuk menjaga kesehatan hati. Meskipun kita sibuk bekerja di depan komputer, pastikan untuk menyempatkan minum air minimal 8-10 gelas per hari.

Konsumsi Camilan Sehat

Makan adalah hal yang mungkin paling sulit untuk kita hindari. Terlalu lama bekerja di depan komputer membuat kita ingin selalu memakan sesuatu. Karenanya kita pun bekerja sambil memakan camilan dan jika tidak bisa dikendalikan bisa membuat berat badan bertambah naik. Untuk mengatasi hal tersebut, cara mudah yang bisa kita lakukan yaitu dengan mengonsumsi  camilan sehat yang terbuat dari sayur dan buah segar. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak memakan makanan yang berminyak atau mengandung gula. Di samping itu, makanlah di meja makan agar nafsu makan kita tetap terjaga.

Baca Juga: Rahasia Dibalik Minuman Kesehatan Nutrishake

Istirahatkan Tubuh Total Usai Bekerja

Setelah bekerja seharian, usahakan untuk berbaring dan menutup mata minimal paling sedikit 15 menit. Istirahatkan tubuh secara total dan tenangkanlah pikiran kita. Bekerja berjam-jam di depan komputer membuat tubuh menjadi mudah lelah. Untuk itu, luangkanlah  waktu beristirahat total dan jauhi komputer selama beberapa menit setiap hari.

Itulah lima tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh meskipun bekerja selama berjam-jam di depan monitor. Pastikanlah untuk mempraktekkan tips tersebut.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …