Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » 6 Tips Hidup Berhemat
tips berhemat

6 Tips Hidup Berhemat

Ideamardiana.com – Perkembangan ilmu teknologi membawa perubahan gaya hidup bagi setiap manusia di dunia. Tidak hanya memudahkan jarak dan waktu, tetapi memberikan pilihan hidup di mana mereka bisa memiliki segala hal yang diinginkan dengan berbagai metode pembayaran. Antara lain adalah kredit, debit, dan pembayaran dengan kartu atm di super mall. Sekarang, tidak hanya jutawan yang dapat membeli mobil, dengan sistem kredit bahkan orang bisa membeli rumah, mobil, dan alat elektronik lain secara bersamaan.

Meski demikian sistem kredit atau pembayaran semacamnya tidak sepenuhnya memiliki dampak positif bagi para penggunanya. Bagi mereka yang memiliki gaya hidup konsumtif, maka hal tersebut justru dimanfaatkan untuk menghabiskan uangnya hanya demi kepuasan semata. Akibatnya, mereka akan terjerat banyak hutang bila tidak bisa membayarkannya. Selain itu, mereka tidak bisa mengatasi bila terjadi hal yang tidak terduga. Oleh karena itu, hidup berhemat merupakan pilihan terbaik untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda kerjakan untuk berhemat.

Prioritas: Kebutuhan dan keinginan

Minimnya kesadaran untuk menentukan keinginan atau kebutuhan terhadap belanjaan adalah faktor yang perlu digaris bawahi. Contohnya adalah ketika ada diskon pakain atau sepatu dengan diskon buy one get one. Meski terlihat menarik dan lebih murah dari biasanya, tidak berarti Anda harus membeli barang tersebut. Sebagai gantinya, tentukan dahulu prioritas yang Anda butuhkan.

Pengeluaran < Pendapatan

Seringkali orang mengeluhkan terhadap kurangnya gaji yang diterima. Hal tersebut sebenarnya karena pengeluaran yang jauh melebih pemasukan. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba mengatur perencanaan anggaran terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk tidak melebihi total anggaran yang telah Anda susun.

Menjaga Kesehatan

Kesehatan sangat berhubungan dengan uang yang akan Anda gunakan. Semakin sehat, maka semakin hemat, karena Anda tidak perlu berobat, atau rutin melakukan medical check up. Sebaliknya, Anda akan menghabiskan cukup banyak uang ketika ternyata memiliki gangguan atau penyakit yang kronis.

Bijak Dalam Berbelanja

Ketika Anda pergi berbelanja pasti menemui banyak barang yang terlihat menarik. Jika memiliki uang yang cukup banyak, kemungkinan membeli barang di luar kebutuhan akan lebih besar. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat catatan barang belanjaan terlebih dahulu atau setidaknya membawa uang yang cukup saja.

Fasilitas Berlibur Murah

Bagi Anda yang suka berekreasi, khususnya travelling ke luar kota, maka tidak asing bila menyediakan uang dalam jumlah banyak. Tetapi lewat rekreasi pun Anda bisa melakukan sejumlah penghematan. Misalnya, memilih tempat penginapan yang lebih murah, atau memilih tempat makan yang cukup terjangkau bisa menjadi alternatif.

Membawa Bekal

Setiap pekerjaan memiliki jam makan siang atau istirahat. Biasanya para karyawan akan memesan makanan di tempat luar yang mungkin memuat banyak orang. Kegiatan ini sebagian besar berujung pada pemborosan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mulai membawa bekal yang dibuat sebelumnya. Tidak hanya harga lebih terjangkau, bahkan lebih terjamin higienisnya.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …