Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » 6 Tips Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga
rumah tangga

6 Tips Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ideamardiana.com – Disadari atau tidak, ada tiga hal yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah tangga yang kuat, yaitu agama, cinta, dan pengelolaan uang. Salah satu yang sering diganti oleh kebanyakan orang adalah “pengelolaan uang” dengan “uang”. Mereka beranggapan bahwa uang adalah segalanya. Oleh karena itu, semakin  banyak memiliki uang kehidupan akan semakin tercukupi.

Jika hal tersebut memang demikian benar, maka tidak akan ada orang yang memiliki gaji di bawah UMR dapat bertahan hidup dalam bahtera rumah tangga. Sebaliknya tidak akan ada seorang ayah memiliki penghasilan ratusan juta mendadak terkejut ketika melihat uangnya hanya sisa sekitar 500 ribu saja. Menurut Ligwina Hananto, seorang ahli perencanaan keuangan dalam acara Ayah Bunda, mengatakan hal tersebut sangat dipengaruhi oleh pengelolaan uang antara satu keluarga dengan lainnya.

Untuk mengelola keuangan Anda harus melakukan beberapa hal seperti :

Pahami Portofolio Keuangan Keluarga Anda

Maksudnya adalah beberapa tagihan listrik, mobil, motor, telepon, dan jumlah uang yang ada dalam rekening tabungan Anda. Pemahaman yang kurang berakibat pengeluaran yang tidak terduga, karena Anda tidak dapat memperkirakan jumlah pemakaian atau batas waktu bayar yang menyebabkan pengeluaran uang untuk sejumlah denda atau bunga.

Susun Rencana Keuangan atau Anggaran

Hal ini seperti yang biasa dilakukan saat Anda mengikuti sebuah organisasi atau dalam pekerjaan Anda. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi dan perusahaan memerlukan jumlah dana yang cukup banyak. Namun, apabila sudah direncanakan terlebih dahulu Anda dapat memperkirakan jumlah uang yang akan dipakai sehingga tidak terjadi pemborosan dana. Usahakan untuk memathui rencana yang telah Anda buat, kecuali ada keadaan yang sangat mendesak, seperti kecelakaan.

Pikirkan Lebih Seksama Pengertian Antara “Butuh” dan “Ingin”

Banyak barang yang Anda inginkan, tetapi belum tentu Anda butuhkan. Hal tersebut tidak Anda sadari sampai barang tersebut benar-benar telah berhasil dibawa pulang tetapi tidak memiliki manfaat yang panjang. Meskipun barang tersebut ternyata sedang diskon, bukan berarti Anda harus membelinya. Jika demikian, selain tidak terpakai justru barang tersebut menambah sempit ukuran rumah Anda.

Hindari Hutang

Hutang yang dimaksud adalah hutang untuk gaya hidup yang boros. Jika Anda telah berhasil melakukan kegiatan hutang, lama kelamaan akan menikmatinya dan menjadi sebuah habit bagi Anda dan keluarga. Usahakan untuk membeli barang sesuai kebutuhan dan makan dengan secukupnya. Seorang milyader seperti Bill Gates contohnya, hanya membeli kaos abu-abu sepanjang hidupnya untuk menghindari sikap konsumtif.

Tetapkan Tujuan atau Cita-Cita Finansial

Adanya cita-cita membuat Anda memiliki keinginan untuk mencapainya dalam kurun waktu tertentu dan lama. Oleh karena itu, baik bila Anda memiliki pemikiran untuk membuat uang berlipat ganda dalam beberapa tahun. Maka Anda akan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut dengan melakukan banyak penghematan.

Menabung, Menabung, dan Menabung

Banyak orang kesulitan dalam melakukan kegiatan tersebut. Untuk mejalankan pola menabung yang baik, Anda perlu menempatkan hal tersebut ke dalam pengeluaran gaji Anda yang pertama. Sehingga ketika gaji telah berhasil diterima, sebagian uang dapat langsung Anda simpan untuk menabung. Hal tersebut akan berguna untuk persiapan menghadapi keadaan yang cukup sulit.

Lakukan beberapa tips di atas dengan adanya keterbukaan terhadap pasangan Anda. Dengan begitu keadaan keuangan rumah tangga akan lebih baik.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …