Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Anda Penggemar Madu? Inilah 3 Madu Hutan Indonesia Yang Dijual Perusahaan Asing
Madu hutan

Anda Penggemar Madu? Inilah 3 Madu Hutan Indonesia Yang Dijual Perusahaan Asing

Ideamardiana.com – Madu hutan liar Indonesia adalah merupakan cairan yang di hasilkan oleh jenis lebah hutan (Apis Dorsata) yang di peroleh pemburu madu di hutan belantara secara langsung pada gerombolan atau koloni Lebah liar. Madu hutan liar merupakan madu yang bersifat alamiah, dalam arti terbebas dari pengaruh pupuk, pestisida dan polusi.
Madu hutan liar ini sangat aman untuk di konsumsi sebagai suplemen makanan dengan kandungan madu berupa multi mineral, multi vitamin yang berfaedah menjaga kesehatan dan terapi paling mendasar berbagai macam jenis penyakit.
Apis dorsata atau dikenal sebagai Lebah madu raksasa merupakan lebah madu Asia yang berhabitat di hutan, membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon, langit-langit terbuka dan tebing jurang bebatuan, karena itu sampai sekarang para ilmuwan belum berhasil membudidayakan Apis dorsata dalam bentuk tertutup. Sisiran sarang dapat mencapai 2 x 1 meter dengan estimasi hasil bisa mencapai 20 kg/sarang.

Di tahun baru 2016 mendatang, sudah ada 3 jenis madu hutan asli Indonesia yang bekerja sama oleh perusahaan asing yakni “Oriflame” dan akan diedarkan di seluruh wilayah Indonesia. Berikut 3 jenis madu hutan tersebut.

Madu Hutan Tesso Nilo

madu hutan tesoo niloPengembangan Madu Hutan di Provinsi Riau sebagai upaya perbaikan lingkungan dan peningkatan pendapatan masyarakat memiliki kaitan erat dengan peningkatan ketersediaan pakan lebah madu hutan. sehingga kegiatan menanam berbagai jenis tanaman kususnya yang menjadi sumber pakan lebah menjadi bagian penting untuk mewujudkan kondisi dan harapan tersebut. Lebah liar membangun sarang mereka di atas pohon Sialang yang hidup di Taman Nasional Tesso Nilo, Riau. Jenis pohon Sialang terdiri dari Kruing, Kempas, Ara, Kedundung Terap, Jelutung, dan Meranti Batu pohon.

Madu Hutan Odeng

madu_odengMadu Tawon Hutan Liar Odeng dihasilkan oleh jenis tawon Apis dorsata yang bersarang di pohon tinggi antara 20-40 meter diatas permukaan tanah namun bisa juga di pohon 2-5 meter meskipun itu sangat jarang sekali. Terkadang di tebing-tebing yg cukup tinggi. Di pulau jawa habitat tawon Apis Dorsata relatif tidak banyak lagi jumlahnya dikarenakan kerusakan lingkungan hutan dan sampai saat ini belum pernah ada yang bisa untuk membudidayakan seperti lebah Apis cerana atau Apis melifera.

Ukuran Odeng tawon hutan liar paling besar dibandingkan spesies lebah madu lainnya, putik-putik bunga merupakan makanan alami Tawon hutan liar (odeng) sedangkan lebah madu ternak mempunyai periode dimana harus diberi gula sebagai sumber makanannya. Kadar air madu Tawon hutan lebih tinggi (22 – 26%) karena sarang berada di luar dan terkena langsung pengaruh iklim, sedangkan madu ternak (17 – 22 %) karena sarang berada dalam kotak tertutup.

Sedangkan nama Odeng itu sendiri berasal dari kata panggilan sayang masyarakat Ujung Kulon untuk lebah hutan Ujung Kulon. Lebah Odeng mengkonsumsi saripati dari pohon yang berbeda, seperti Salam, Putat, Kawao, Sigeung, Kiganik, Kopo, padi-padi dan masih banyak lagi.

Madu Hutan Flores

madu hutan floresMadu hutan didapatkan dari sarang-sarang lebah liar yang terdapat di hutan, dalam hal ini hutan yang terdapat di Flores dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sarang-sarang lebah tersebut diambil dan diproses dengan cara tradisional oleh para pencari dan pengumpul sarang lebah untuk kemudian di tempatkan di dalam botol atau jerigen sesuai kebutuhan pemesan. Oleh karena jumlahnya yang terbatas dan tingkat kesulitan dalam pencarian lebah hutan ini maka madu hutan lebih sulit di dapatkan dibandingkan madu-madu produksi massal yang berasal dari penangkaran lebah.

Walaupun demikian madu hutan Flores tetap menjadi incaran konsumen karena memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan madu yang dihasilkan melalui penangkaran. Bagaimanapun juga yang alami tetap lebih baik bukan?

Bagamana membedakan madu biasa dengan madu hutan, dalam hal ini madu hutan Flores? Madu hutan memiliki rasa yang agak asam, di samping rasa manis yang memang sudah menjadi karakter hampir semua madu. Selain itu kadar gas alami madu hutan sangat tinggi, sehingga tutup botol atau kemasan kerap kali meletup/mental ketika kita membukanya, oleh karena itu disarankan untuk selalu menyimpang madu hutan di lemari pendingin atau di tempat yang sejuk dan jangan sekali-sekali membiarkan botol atau kemasan madu hutan terpapar panas atau sinar secara langsung dimana hal tersebut dapat memicu gas alami yang terkandung di dalam madu akan lebih cepat berkembang/memuai dan menyebabkan botol/kemasan dapat pecah/meletup.

Dengan kadar gas yang tinggi dan kandungan glukosa alami yang tidak tinggi, maka beberapa species semut saja yang mau mendekatinya. Yang paling sering terlihat ada sejenis semut hitam yang sangat kecil yang cukup kuat untuk “menikmati” madu hutan ini, namun hal itu juga tidak akan berlangsung lama karena untuk ukuran mahluk sebesar semut kandungan gas dan panas yang terdapat di molekul kimia madu hutan dirasa sangat tinggi.

Lebah liar di Sikka, Flores Timur, Lembata dan Pulau Mengkonsumsi kopi, kakao, jambu mete, dan kelapa madu sebelum pengumpul madu dari desa Leraboleng memanen madu, memprosesnya secara alami dan memasarkannya di Rumah Produksi Madu Hutan Flores.

Mengapa Oriflame Memasarkan 3 Jenis Madu Hutan Ini?

Setiap madu hutan Tesso Nilo, Hutan Flores, dan Odeng yang kita beli akan ikut membantu meningkatkan penghidupan peternak lebah, membantu mereka untuk terus memanen  madu lezat tersebut secara berkelanjutan dan menjaga habitat alami mereka tetap terlindungi. Oriflame juga ingin merayakan kecantikan dan kesejahteraan secara bertanggung jawab dengan mengambil inspirasi dari alam dan menghormati lingkungan.

Itulah penjelasan dari Ideamardiana.com mengenai 3 madu hutan tersebut, yang dikutip dari beberapa sumber. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: madu odeng oriflame, Madu flores, madu hutan flores, manfaat madu odeng oriflame, madu hutan, khasiat madu hutan oleng, madu oriflame, khasiat madu flores, khasiat madu odeng oriflame, madu hutan indonesia