Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Berbagai Pertimbangan Dalam Memilih Bank Untuk Menyimpan Uang
memilih bank

Berbagai Pertimbangan Dalam Memilih Bank Untuk Menyimpan Uang

Ideamardiana.com – Tidak hanya berfungsi sebagai wadah penyimpanan sejumlah uang, ternyata bank juga memiliki fasiltas investasi yang cukup menarik, yaitu deposito. Secara umum deposito merupakan bentuk investasi yang memiliki bunga paling kecil. Meski demikian, hal tersebut bisa dijamin keamanannya asalkan bank yang bersangkutan tidak pailit. Contohnya, ketika Anda menaruh uang sebesar 1 juta, maka bisa mendapatkan bunga sebesar 5-6 persen tanpa melakukan kegiatan apapun. Selain itu, deposito cukup favorit di kalangan masyarakat awam karena lebih efektif penggunaannya.

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati untuk memilih bank yang akan dijadikan tempat investasi uang. Bagi Anda yang tertarik untuk mendalami kegiatan tersebut, berikut akan disampaikan beberapa tips untuk memilih bank sebagai tempat deposito.

Perhatikan Reputasi Bank

Perkembangan dunia perbankan telah melahirkan bibit-bibit bank yang sangat beragam. Mulai dari bank konvensional hingga bank syariah memiliki berbagai keunggulannya sendiri. Bagi bank yang belum memiliki nama, biasanya akan gencar dalam melakukan promosi dan fasilitas lainnya. Namun, sangat disarankan untuk tidak mudah tertarik dengan hal tersebut. Tentukan reputasi sebagai prioritas utama, selanjutnya Anda bisa melihat produk deposito yang ditawarkan.

Tentukan Waktu Deposito

Biasanya sebuah deposito dapat dijalankan antara 3, 6, hingga 9 bulan. Anda bisa menentukan waktu deposito sesuai dengan kebutuhan di masa depan. Jika salah untuk memilih waktu deposito, bisa jadi uang Anda akan sulit untuk ditarik dan akan mengalami kendala mengerjakan hal-hal lainnya. Bila Anda ingin cepat melihat hasil deposito, gunakanlah simpanan bunga dalam waktu cepat kemudian hasilnya bisa digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis.

Lakukan Perbandingan Bunga Deposito Antar Bank

Setiap bank memiliki besaran deposito yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini dipengaruhi pada suku bunga yang ditetapkan. Anda diminta untuk bijak memilih deposito bank yang paling baik dengan cara membandingkan bunga antar satu bank dengan lainnya. Info dari orang terdekat yang pernah melakukan deposito juga merupakan referensi yang baik bagi Anda.

Waspada Bunga Deposito yang Terlalu Tinggi

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merupakan badan yang berfungsi untuk mengontrol pergerakan uang di bank. Selain  itu, LPS memiliki wewenang untuk mengatur besarnya suku bunga dan maksimal bunga yang ditawarkan deposito. Untuk memilih deposito, Anda juga harus mengetahui jumlah maksimal dari LPS terlebih dahulu. Jika ada bank yang melebihi, sebaiknya hindari untuk berdeposito. Sebab, uang Anda akan otomatis lenyap seketika jika bank tersebut ternyata pailit.

Pilih yang Persyaratannya Paling Mudah

Setiap bank juga memiliki ketentuan untuk membuat persyaratan setiap transaksinya, tidak terlepas dengan deposit. Akan tetapi, Anda bisa memilih syarat yang paling mudah dimiliki oleh masing-masing bank agar deposito Anda bisa lancar dari awal memasukkan jumlah uang hingga akhirnya melakukan penarikan. Jika tidak, Anda mungkin bisa dipersulit dalam proses ketika menarik dana tersebut.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: bagaimana cara memilih bank yang baik menyimpan uang, pertimbangan masyarakat menyimpam dana di bank, pertimbangan saya dalam memilih bank untuk menyimpan uang, pertimbangan deposit untuk menyimpan uang di bank?, pertimbangan memilih bank, pertimbangan untuk memilih bank, pertimbangan pokok orang menabung di bank, pertimbangan masyarakat menyimpan uang di bank, apa yang menjadi pertimbangan seseorang memilih sebuah bank sebagai tempat penyimpanan uang, perrimbangan dalam memilih bank