Saturday, 8 October, 2016
Home » Informasi » Cara Berbelanja Aman Di Toko Online
Tips Belanja Aman Secara Online
Cara Berbelanja Aman di Toko Online

Cara Berbelanja Aman Di Toko Online

Kemajuan teknologi pada era modern ini membuat perubahan besar bagi masyarakat. Mudahnya mengakses internet membuat kebiasaan berbelanja menjadi menyenangkan, karena Anda tidak memerlukan waktu dan tenaga lagi untuk pergi ke toko-toko mencari barang yang dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan tersedianya toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan yang Anda inginkan.

Toko online cukup memberikan kenyamanan dalam berbelanja, tetapi Anda harus tetap berhati-hati. Hal ini dikarenakan adanya pihak-pihak nakal yang memanfaatkan toko online hanya untuk kepentingan pribadi. Jika Anda tidak berhati-hati bisa jadi Anda bukan mendapatkan barang yang diinginkan tetapi hanya sekedar memberikan uang cuma-cuma kepada pihak tidak bertanggung jawab. Tapi Anda tidak perlu takut untuk berbelanja di toko online, berikut ini ada beberapa cara berbelanja dengan aman di toko online :

Keamanan

Pastikan Anda untuk selalu memperhatikan keamanan yang ada di toko online. Anda dapat melihatnya dengan mengamati icon gembok kecil yang terdapat di pojok kanan atas URL bar. Pastikan juga keamanan dari situs toko online dengan memperhatikan tambahan huruf “s” di alamat URL. Situs yang aman diawali dengan https://, sementara situs yang belum aman biasanya hanya menggunakan http://.

Amati Asal Usulnya

Saat Anda ingin berbelanja di toko online, amati latar belakang dari toko online tersebut. Toko online yang terpercaya akan memberikan keterangan yang jelas mengenai alamat toko dan juga kontak yang bisa hubungi.

Penggunaan Kartu

Ketika berbelanja online, transaksi pembayaran yang paling mudah adalah menggunakan kartu. Sebaiknya gunakan kartu kredit daripada kartu debit, karena kartu kredit biasanya bersifat sementara sedangkan kartu debit proses pengambilannya langsung dari bank Anda. Hal tersebut menjadi sangat berbahaya jika informasi dari kartu debit Anda bocor.

Baca Juga : Cara Pembayaran Oriflame Menggunakan Kartu Kredit

Teliti Sebelum Memberi Informasi

Jika barang yang Anda inginkan sudah cocok, biasanya Anda akan mengisi beberapa data yang dibutuhkan seperti nama dan alamat untuk melakukan transaksi pembelian. Tetapi beberapa toko online juga akan berusaha untuk mendapatkan informasi lain dengan tujuan untuk keuntungan pribadi. Jadi sebaiknya Anda lebih teliti dalam memberikan informasi.

Keaslian produk

Perhatikan baik-baik barang yang akan Anda beli. Pastikan barang yang akan dibeli merupakan barang yang orisinil atau asli.

Baca Juga : Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online

Simpan Bukti Transaksi

Simpanlah bukti transaksi dari pembelian yang dilakukan. Jika terjadi sesuatu dengan barang belanjaan, Anda bisa meminta pertanggungjawaban dengan menunjukan bukti transaksi tersebut.

Berbelanja online memang sangat mudah dan menyenangkan. Jika dilakukan dengan baik, maka Anda akan mendapatkan kenyamanan dan kepuasan tersendiri dalam berbelanja online. Semoga cara tersebut berguna bagi Anda dalam belanja online. Selamat berbelanja.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Murah Berkualitas

Cara Mencari Produk Murah Berkualitas di Situs Belanja Online

Kebanyakan toko online memberikan penawaran yang menggiurkan seperti hadiah gratis dan diskon besar-besaran. Akan tetapi …