Tuesday, 27 September, 2016
Home » Informasi » Cara Cerdas Untuk Mendengarkan Orang Lain Saat Berbicara
pendengar

Cara Cerdas Untuk Mendengarkan Orang Lain Saat Berbicara

Semakin Anda mendengarkan, Anda akan semakin pandai, semakin disukai, dan semakin baik sebagai pembicara.

Seorang pendengar yang baik selalu berhasil jauh melampaui seorang pembicara yang baik dalam hal mendapatkan perhatian orang lain. Ini karena seorang pendengar yang baik selalu membiarkan orang mendengarkan pembicara favorit mereka, yaitu diri mereka sendiri.

Ada beberapa hal dalam hidup yang akan membantu Anda lebih dari sekedar menjadi seorang pendengar yang baik.

Menatap Orang yang Sedang Berbicara

Siapapun yang layak didengarkan, layak ditatap. Namun hal ini memerlukan trik agar lawan bicara tidak merasa canggun saat Anda menatapnya.

Melihat titik tengah diantara kedua mata lawan berbicara

Tips paling menarik agar lawan berbicara melihat betapa seriusnya kita mendengarkan adalah dengan menatap dibagian bawah keningnya.

Condongkan Badan ke Sipembicara dan Dengarkan dengan Penuh Perhatian

Tampaklah seolah-olah Anda tidak ingin kehilangan satu katapun. Hal ini juga bisa membuat sipembicara juga semakin bersemangat berbicara kepada Anda. Namun Anda mesti berhati-hati melakukannya, karena jika Anda terlalu kaku akan menimbulkan persepsi yang lain bagi sipembicara tersebut.

Menjaga Jarak dengan Sipembicara

Tips paling bagus untuk berhadapan secara langsung dengan sipembicara adalah menjaga jarak dengannya. Jangan terlalu jauh ataupun terlalu dekat. Ambillah jarak yang sesuai atau sesantai mungkin dengan sipembicara tersebut.

Ajukan Pertanyaan

Ini membuat orang yang sedang berbicara tahu bahwa Anda sedang mendengarkan. Mengajukan pertanyaan adalah bentuk sanjungan yang tinggi.

Bertanya Sesuai Topik Pembicaraan

Banyak diantara kita yang memiliki persepsi bahwa mengajukan pertanyaan apapun ke sipembicara membuat mereka jadi bahan perhatian. Padahal jika Anda bertanya diluar topik, hal ini akan membuat sipembicara jadi berpikir Anda sedang tidak ingin bertanya.

Ikutilah Topik Sipembicara dan Jangan Memotong atau Menyela

Jangan mengubah topik yang sedang diutarakan si pembicara sampai dia selesai, tak peduli betapa tak sabarnya Anda untuk segera beralih ke topik baru.

Gunakan Kata-Kata Sipembicara “Anda” dan “Milik Anda”

Jika Anda menggunakan “saya, aku, milikku”, Anda memindahkan fokus dari sipembicara ke diri Anda. Itu adalah berbicara, bukan mendengarkan.

pendengarBila Anda cermati baik-baik, kelima aturan ini tidak lebih daripada masalah sopan santun. Sopan santun tidak akan pernah menguntungkan Anda sedemikian besar seperti halnya dalam mendengarkan.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …