Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Cara Membedakan Antara Motivasi dengan Inspirasi Dalam Menjalankan Sebuah Bisnis/Usaha
Motivasi

Cara Membedakan Antara Motivasi dengan Inspirasi Dalam Menjalankan Sebuah Bisnis/Usaha

Kata Motivasi dan Inspirasi sering didengarkan maupun diucapkan bagi mereka yang menjalankan sebuah bisnis. Hal itulah yang menyebabkan perlunya kajian khusus yang menjelaskan itu semua. Hingga akhirnya beragam pendapat muncul dan setidaknya bisa dijelaskan dan lebih mudah dipahami oleh masyarakat pada umunya. Begitu pula dengan kata passion dan hobi pada kenyataannya memiliki makna yang berbeda. Walaupun pembahasan sederhana untuk aktifitas keseharian hampir sama persis. Belum lagi jika Anda menjadikan passion, motivasi dan inspirasi dalam satu topik pembahasan. Jelas malah tambah bingung.

Disini ideamardiana.com ingin menjelaskan berbagai konsep atau teori mengenai perbedaan motivasi dan inspirasi secara langsung. Artinya, tanpa panjang lebar, mudah dipahami, dan juga bisa diaplikasikan secara langsung.

Bagaimana Cara Membedakan Motivasi dengan Inspirasi?

Menurut Ron Prasad dalam akun linkedinnya bahwa keduanya jelas sangat berbeda. Dirinya menjelaskan jika motivasi adalah berasal dari kata motive atau dalam bahasa Indonesianya disebut motif atau alasan. Motivasi itu terkait dengan tindakan yang kita akan kerjakan. Seperti ingin membaca buku pelajaran, kuliah, jurnal kerja, lalu kita merasa mengantuk dan malas, lantas kita memaksakan diri untuk tetap membacanya karena kita punya alasan dibalik membaca itu semua maka itulah yang disebut motivasi.

Sedangkan inspirasi sendiri adalah terkait dengan proses atau tindakan yang tidak sebatas diawal saja. Namun perkepanjangan. Sehingga kita merasakan dalam diri sendiri, pikiran dan jiwa bahwa kita harus melakukan hal yang kita lakukan dalam jangka panjang karena kita memang ingin melakukannya. Bahkan tanpa sebab. Misalnya, kita membaca buku komik bertahun-tahun lantaran kita menyukai jalan cerita dan budaya dari Jepang itu. Tanpa diberitahukan seri berikutnya telah hadir, tanpa diperintahkan untuk membeli komik seri berikutnya, tanpa merasa ada alasan tertentu, Anda akan bergegas sendiri untuk mencari tahu hal tersebut.

Hingga kesimpulannya menurut Ron Prasad adalah motivasi itu dorongan dari luar untuk membuat kita mengerjakan sesuatu. Sedangkan inspirasi itu sudah ada sejak lama di dalam diri kita sendiri karena kita melakukannya terus menerus sejak dulu. Artinya motivasi bisa berkembang menjadi inspirasi jika dikerjakan secara continue.

Lebih kerennya lagi dijelaskan oleh Jonathan dalam website paidtoexist. Bahwa nyatanya motivasi itu tidak selalu berkaitan dengan hal yang positif. Ya, ada motivasi negatif dan ada motivasi positif. Namun artinya tetap sama dengan yang telah dijelaskan Ron bahwa motivasi itu dorongan dari luar diri kita untuk melakukan sesuatu atau diri kita sendiri berpikir bahwa hal tersebut harus dikerjakan tanpa mempertimbangkan alasannya dengan jelas, tanpa perlu passion. Seperti tindakan membantu orang secara spontan, atau tindakan melarang sesuatu yang orang lain kerjakan karena itu buruk. Itulah biasanya motivasi terkait langsung dengan orang lain.

Lalu inspirasi menurut Jonathan adalah sesuatu yang kita gelisahkan. Biasanya akan timbul berbagai macam pertanyaan di dalam diri kita. Apa yang benar-benar Anda inginkan bukan apa yang Anda pikirkan mungkin bagus untuk dikerjakan. Sehingga belum tentu yang kita pikirkan bagus sebenarnya kita butuhkan. Seperti, kita pikir ikut organisasi dapat menjadi aset untuk mempermudah pencarian kerja selepas kuliah. Namun itu pikiran kita. Faktanya, perusahaan ingin merekrut kita jika kita punya banyak pengalaman yang produktif terkait dengan pekerjaan yang akan kita lamar.

Bagaimana menurut Mardiana Sendiri?

MardianaMotivasi lebih cenderung bagaimana cara kita untuk membangkitkan semangat. Bahkan menimbulkan semangat yang luar biasa. Misalnya, ada seorang member Oriflame yang sedang mengejar targetnya di akhir bulan. Dan pada hari tersebut targetnya masih belum tercapai. Namun orang tersebut menyadari untuk menyelesaikannya di hari itu juga. Ini dikarenakan ada waktu yang membatasinya. Jika sudah seperti ini, Kita butuh semangat yang bukan hanya sekedar semangat. Hal inilah yang membuat motivasi hidup dalam diri kita. Seringnya Anda merasa kepepet untuk menjalankan sesuatu semakin sering pula motivasi dalam diri Anda muncul dengan sendirinya.

Sedangkan inspirasi datangnya dari luar, ini adalah seni bagaimana mendorong dan menggerakkan orang lain untuk melakukan hal-hal yang lebih baik daripada mereka percaya diri bahwa mereka bisa. Ini juga merupakan tentang bagaimana seorang leader membantu orang lain atau downlinenya (Istilah member yang digunakan di Oriflame)  menemukan sisi terbaik mereka dan menggunakan apa yang mereka temukan. Membantu orang menemukan energi untuk bekerja sekeras tentang pekerjaan yang mereka bisa. Hal ini juga berlaku bagi kita yang telah memiliki inspirasi. Hal tersebutlah yang mendorong kita untuk mengerjakan sebuah bisnis secara konsisten.

Inilah sedikit penjelasan menurut ideamardiana.com mengenai perbedaan antara motivasi dengan inspirasi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih!

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: beda motivasi dengan inspirasi, bedanya motivasi dan inspirasi, bedanya motivasi sama inspirasi