Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Cara Membedakan Utang Baik, Utang Jelek, dan Utang Super Jahat
kartu kredit

Cara Membedakan Utang Baik, Utang Jelek, dan Utang Super Jahat

Utang Baik

Bila semua orang bisa memiliki pilihan untuk bayar tunai, tentu ini yang akan dipilih. Namun, adakalanya Anda harus berutang untuk mempercepat terbentuknya nilai kekayaan. Jadi, utang baik akan membantu Anda memiliki barang yang nilainya akan terus meningkat. Contoh utang baik adalah kredit modal usaha.

Meskipun demikian, tidak disarankan bagi Anda untuk langsung serta-merta berutang untuk investasi. Tidak semua orang bisa berutang untuk investasi. Anda harus paham bila potensi keuntungan dapat berliat ganda, maka potensi kerugian pun sama halnya.

Jadi, bila kinerja investasi Anda ternyata lebih buruk dari bunga utang, maka Anda akan rugi karena keuntungan semuanya digunakan untuk bayar bunga ditambah masih harus subsidi dari kocek sendiri. Apalagi kalau kinerja negatif, maka kerugian Anda dapat berlipat ganda karena masih harus bayar pokok utang.

Utang Jelek

Utang jelek adalah utang yang dibuat untuk membeli barang yang nilainya bisa menurun. Kebalikan dari utang baik, pembelian barang dengan utang ini tidak memiliki nilai investasi. Artinya, jumlah total ciclan utang (nilai pokok maupun bunganya) akan lebih besar dari nilai saat Anda menjual balik barang tersebut.

Pada umumnya, tujuan Anda berutang adalah memberikan kesempatan untuk mendapatkan kenikmatan tambahan dari batas kemampuan finansial Anda saat ini.

Utang Super Jahat

Utang kartu kredit merupakan salah satu utang yang terkenal super jahat. Siapa pun yang pernah atau masih terjerat utang kartu kredit pasti setuju dengan hal ini. Utang ini selain jahat juga sangat berbahaya karena memberikan sinyal bahwa Anda benar-benar hidup diluar batas kemampuan.

Kartu kredit memiliki potensi bahaya laten buat banyak kaum perempuan karena memberikan kesan seakan-akan Anda memang sanggup punya standar hidup yang tinggi, padahal jelas tidak. Bukan hanya tingkat suu bunganya yang bisa mencapai hingga 42% pertahun, tetapi lebih parah lagi Anda sudah terbiasa untuk gesek kanan gesek kiri dan pikirin bayarnya nanti saja.

kartu kreditPadahal kartu kredit sebenarnya dapat membawa kebaikan buat kita, asalkan dipergunakan sesuai porsinya. Manfaat utamanya adalah penggaturan arus kas. Kartu kredit dapat membantu kita melakukan pembelian saat arus kas belum tersedia, yaitu penghasilan bulanan belum diterima. Anda harus pastikan arus kas tersedia saat jatuh tempo tagihan. Setiap orang idealnya hanya memiliki maksimal dua kartu kredit, dengan catatan yang satu lagi sebagai cadangan.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …