Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Cara Memilih Perencana Keuangan
konsultasi keuangan

Cara Memilih Perencana Keuangan

Ideamardiana.com – Pemahaman tentang keuangan membuat setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda dalam mengelolanya. Selain itu, beberapa di antara mereka tidak dapat mengelolanya karena terpaut dengan gaya hidup dan tuntutan pergaulan dari orang-orang sekitar. Tidak jarang seorang marketing yang memiliki gaji hingga puluhan juta tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya dalam sebulan.

Untuk mengatasi gaji yang cukup tinggi, maka mereka memerlukan perenca keuangan, yaitu orang yang bergerak khusus di bidang pengelolaan uang yang baik. Sehingga setiap orang yang memiliki uang dalam jumlah yang cukup banyak tidak perlu kebingungan dan khawatir akan kehabisan uang sebelum akhir bulan. Secara garis besar, perencana keuangan akan memetakan sejumlah keadaan lalu mendiskusikannya dengan Anda. Beda koki beda masakan, maka Anda harus bisa memilih perencana keuangan yang sesuai selera sehingga uang dapat diatur.

Terbuka Terhadap Perencana Keuangan Anda

Seorang perencana keuangan terlihat cocok atau tidak ketika dia sedang memetakan keadaan keuangan Anda dan diri Anda pribadi. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk memberitahu seluruh keadaan ekonomi Anda dan upaya apa saja yang Anda lakukan untuk menghemat dan cara menghabiskan keuangan Anda dalam satu bulan. Seoran gperencana keuagnan biasanya akan memberikan saran secara obyektif, setelah itu, giliran Anda menentukan apakah perencana tersebut baik atau tidak.

Menentukan dengan Kualitas Bukan dengan Tarif

Biasanya perencana keuangan memiliki tarif yang berbeda setiap konsultasi dan tiap orangnya. Tidak semua orang mengatakan bahwa steak A dengan harga yang mahal adalah makanan yang enak, ada yang mengatakan bahwa steak B lebih enak, meskipun lebih murah. Sebab, dia memiliki kualitas masak yang lebih baik dibandingkan dengan steak A. Sama halnya dengan memilih tarif yang mereka tawarkan, namun kualitas nomor satu.

Berdiskusi dengan Berbagai Orang yang Memiliki Perencana Keuangan

Cara paling efektif adalah mendiskusikan pilihan perencana keuangan yang paling baik menurut pengalaman orang-orang yang menggunakan. Sebab, mereka kan menceritakan apa saja yang telah dilakukan oleh perencana tersebut. Selain itu, Anda bisa bebas memilih perencana yang lebih cocok dibanding lainnya terlebih dahulu, sebelum datang langsung kepada perencana keuangan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Jangan pernah sekedar mengikuti ajakan teman yang pernah menggunakan perencana keuangan tanpa tahu apa kegunaannya bagi perekonomian Anda. Sebaikya Anda berpikir terlebih dahulu, sehingga ketika mengajukan konsultasi Anda mengetahui apa kebutuhan datang kepada perencana keuangan. Niscaya hasil yang didapat akan lebih optimal daripada sekedar ikut-ikutan.

Mengatur Jadwal Pertemuan Rutin

Setelah menemukan dan berkonsultasi, Anda perlu membuat jadwal pertemuan rutin dengan perencana kegiatan. Hal ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besarnya efek yang diberikan oleh perencana keuangan. Jika dapat bertahan cukup lama, maka bisa dipastikan bahwa perencana keuangan tersebut cukup baik bagi kondisi keuangan yang sedang Anda pelajari.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …