Wednesday, 28 September, 2016
Home » Informasi » Cara Menghindari Penipuan dari Toko Online Baru
Penipu Online Shop
Cara Menghindari Penipuan dari Toko Online Baru

Cara Menghindari Penipuan dari Toko Online Baru

Kalau dulu kita berbelanja dengan mengunjungi satu toko ke toko yang lain, akan tetapi dengan  teknologi yang semakin lama semakin canggih, sekarang toko tidak begitu menjadi prioritas untuk berbelanja. Seperti yang sudah kita tahu toko online menjadi trend bagi masyarakat. Begitu banyak toko online yang dapat di lihat di instagram, facebook, line, bbm dan toko online yang sudah terpercaya  seperti Lazada, Olx, MatahariMall dan lainnya.

Toko online sangat mudah dan praktis dalam melakukan pembelian.  Ketika kita menginginkan sebuah barang maka kita cukup memesannya dan melakukan transaksi pembayaran. Akan tetapi, kita juga perlu waspada atau berhati-hati terhadap toko online yang baru buka, karena penipuan-penipuan sering juga terjadi dengan menawarkan harga yang sangat murah jika dibandingkan  dengan harga pasar. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa cara untuk menghindari penipuan dari toko online baru.

 1.  Jangan Cepat Tergiur

Sering sekali kita lebih tergiur dengan harga barang yang murah daripada dengan harga toko yang dipasar. Jika toko online tersebut menawarkan harga hampir 50% dari harga toko dipasaran, sebaiknya anda melakukan investigasi lebih lanjut. Apalagi jika toko online tersebut masih dibilang pemula (baru buka).

 2.  Selidiki Tempat dan Nama Pengguna Toko

Sebelum membeli barang sebaiknya Anda menyelidiki darimana asal pengguna, nama penjual no telp yang bisa dihubugi dan lainnya. Biasanya informasi semacam itu dapat dibaca dihalaman depan. Selain itu anda juga dapat mencari tau website dari toko tersebut dan melihatnya digoogle.

 3.  Meminta Resi Pengiriman

Resi pengiriman merupakan bukti bahwa barang sudah dikirim. Resi dapat digunakan untuk mengecek keberadaan toko. Jika toko tidak memberikan no resi dengan berbagai alasan seperti untuk keamanan data konsumen dan lainnya, maka bisa dipastikan  toko tersebut melakukan penipuan. Sebelum melakukan pembayaran sebaiknya anda menanyakan terlebih dahulu kapan no resi akan dikirim kepada anda. Biasanya toko akan memberi info resi 1-2 hari setelah pembayaran.

 4.  Cek Testimoni dan Keluhan

Biasanya para konsumen lebih tertarik pada gambar barang yang bagus dan harga yang murah. Sebelum melihat barang ada baiknya anda melihat testimony dan keluhan dari konsumen sebelumnya. Anda dapat menanyakan langsung kepada konsumen sebelumnya tentang barang dari toko tersebut. Selain itu, dapat juga membaca testi-testi yang tertera di laman toko tersebut. Biasanya toko online akan menampilkan testi dari pelanggan-pelanggannya.

Baca Juga : Inilah 5 Ekspresi Pelanggan Saat Berhadapan Penjual

 5.  Simpan Bukti dan Mintalah Foto Barang Yang Asli

Sering sekali kita tertipu dengan gambar, sehingga konsumen komplain dan kecewa  karena barang tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Sebaiknya anda meminta gambar asli dari barang tersebut. Selanjutnya, simpanlah bukti transfer serta arsip pesan yang dapat dijadikan bukti.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: wanita umur 48 tahun