Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Ciri Toko Online Palsu Di Internet
Ciri Toko Online Palsu
Ciri Toko Online Palsu Di Internet

Ciri Toko Online Palsu Di Internet

Banyak sekali penipuan yang terjadi pada toko online sehingga membuat pihak konsumen khawatir dan takut untuk melakukan pembelian. Kondisi ini juga akan berdampak buruk pada penjual online yang jujur. Untuk menghindari penipuan-penipuan ada baiknya anda mencari tahu beberapa ciri toko online palsu di internet.

Berikut ini berbagai ciri toko online palsu di internet :

 1.  Barang Murah dan Diskon

Pertama kali yang perlu kita ketahui yaitu harga pasar dari barang yang dijual, jika toko online tersebut menawarkan harga yang jauh lebih murah dari harga pasar maka kemungkinan besar mereka menipu. Apabila anda memang menginginkan barang tersebut lebih baik  berhati-hati. Lebih baik anda meminta gambar asli dari barang tersebut, karena kebanyakan konsumen merasa kecewa dengan barang yang tidak sesuai dengan gambar.

 2.  Nomor Rekening

Biasanya toko online mempunyai satu atau beberapa no rekening tetapi dengan nama yang sama. Jika anda menemukan nama yang berbeda dengan beberapa no rekening sebaiknya anda berhati-hati. Misalnya, no rekening BRI atas nama Andi sedangkan no rekening BNI atas nama Rina.

 3.  No HP Yang Tertera Tidak Sesuai dengan di SMS

Etika pada bisnis yaitu memberikan pesan sms sesuai dengan no hp yang tertera pada biodata. Jika anda mendapatkan sms dengan no yang berbeda sebaiknya cuekin saja, apalagi sms berisi memaksa untuk segera ditransfer. Sebaiknya jangan langsung percaya jika anda mendapatkan sms dengan gaya bahasa yang terlalu berlebihan atau memberikan janji manis, intinya mengarah untuk anda setuju transfer uang. Jangan terlalu percaya 100% dengan kata-kata karena biasanya kata-kata seringkali  menghipnotis konsumen.

 4.  Tidak Adanya Alamat Toko

Kebayang tidak jika toko tidak mempunyai alamat yang jelas atau alamat rumah, alamat kost dan sebagainya. Jika toko tidak mau memberi tahu alamat jelas mereka, sebaiknya anda berhati-hati dan lebih baik mencari toko yang lain. Apabila anda tetap ingin membeli barang di toko tersebut dan barang tidak sampai ke tangan, maka siap-siap anda tidak bisa menuntut apapun.

 5.  Website

Alamat website perlu anda perhatikan, karena biasanya toko online menggunakan website berbayar. Sebaiknya anda berhati-hati apabila toko menggunakan website gratisan atau tidak mempunyai alamat website. Ciri-ciri web gratisan yaitu web yang tidak berakhiran .com, .co.id, .co seperti oriflame.co.id, inspirasi.com dan lainnya (tanpa akhiran .blogspot.com)

Berbelanja di toko online memang sangat memudahkan anda, tetapi anda perlu behati-hati. Jika anda mempunyai kerabat atau teman yang membuka jualan online, anda dapat membeli langsung dengannya. Selanjutnya, jangan mudah percaya barang berasal dari Batam, Pontianak atau Import dan lainnya.  Mencari tahu alamat, nama, testimoni, dan kwalitas barang perlu anda lakukan sebelum membeli. Semoga artikel ini dapat membantu untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi melalui internet.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: tenangkan pikiran, menenangkan