Friday, 2 December, 2016
Home » Informasi » Inilah 10 Tips Menghadapi Orang Berwatak Keras Kepala
Berwatak keras kepala

Inilah 10 Tips Menghadapi Orang Berwatak Keras Kepala

Ideamardiana.com – Sifat dan cara berfikir yang berbeda lazim dimiliki setiap orang. Hal inilah yang sering menjadi pemicu kesalah pahaman. Keadaan akan semakin rumit bila Anda bertemu dengan seseorang yang memiliki watak keras kepala. Karena orang berwatak keras kepala adalah orang yang berpegang teguh pada prinsipnya.

Apabila belum mampu memahami jalan pikirannya, mereka akan mudah tersinggung dan marah kepada kita. Orang keras kepala pada dasarnya memiliki emosi yang meledak-ledak. Ini terjadi karena mereka bersikeras akan prinsip yang dipegangnya. Sayangnya sifat seperti ini akan memicu keegoisan sehingga mereka terlihat lebih mementingkan diri sendiri.  Kesabaran jadi kunci utama jika berhadapan dengan mereka yang keras kepala. Selain itu masih ada cara lain untuk menghadapi mereka.

Menenangkan Diri

Saat mereka melontarkan kata-kata yang sekiranya menyinggung perasaan kita, abaikan saja. Kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk berdebat ataupun membela diri. Karena mereka seperti itu bukan karena menghina kekurangan kita, namun mereka sedang membicarakan kelemahan mereka sendiri.

Baca Juga: Cara Mengendalikan Diri Saat Berbicara

Memahami Mereka

Saat dia berbicara panjang lebar di depan kita, cukup dengarkan saja. Terkadang mereka hanya ingin mencurahkan curahan hatinya. Cari tahu apa yang mereka butuhkan dan apa yang tidak mereka inginkan.

Baca Juga: Cara Cerdas Mendengarkan Orang Lain berbicara

Menghargai Pendapatnya

Mengungkapkan bahwa dirinya kerasa kepala bukanlah solusi yang tepat, sebab dia justru bertambah keras serta tidak mau mengubah sikapnya itu. Dia akan semakin mempertahankan sikapnya atau bertambah egois dan mementingkan dirinya sendiri. Keras kepala membuatnya merasa selalu disalahkan, dia akan memilih untuk diam tak mau bicara dengan kita lagi nantinya. Dia merasa tak ada orang yang mau mendengarkannya maupun menghargai pendapatnya. Pemahaman seperti itulah yang ada di hati orang keras kepala, sehingga hindari menghakimi dia maupun menyalahkannya. Pokoknya jangan sampai si keras kepala emosi lalu berbuat sesuatu yang merugikan dirinya sendiri dan banyak orang.banner

Memberikan Rasa Humor

Humor ringan bisa saja mencairkan suasana dan menghibur mereka. Ini juga merupakan cara terbaik untuk meredakan dan menghadapi mereka.

Baca Juga: 5 Ekspresi Konsumen Saat Melakukan Transaksi

Mencoba Empati

Tak semua orang berwatak keras kepala itu buruk. Terkadang, di balik jiwa yang keras bisa saja lantaran mereka terluka dan butuh kasih sayang. Jadi hadapi mereka dengan lembut dan penuh perhatian.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Mood Tetap Nyaman

Mencari Kesamaan

Setiap orang setidaknya memiliki kesamaan. Cari tahu apa kesamaan atau bidang yang mungkin sama-sama disukai, mungkin hobi, olahraga, tempat liburan dan genre film. Gunakan ini sebagai cara aman untuk melakukan percakapan.

Baca Juga: Perbedaan Kelas Menengah dengan Orang Kaya

Mempertahankan Pandangan Positif

Semakin sering kita bergaul dengan mereka, tidak menutup kemungkinan kita akan terbawa dengan mereka. Jangan biarkan sikap antagonis orang lain melekat pada diri kita. Tetap pertahankan pandangan positif yang kita miliki.

Baca Juga: Manfaat Memiliki Pikiran posiitif

Menyikapi dengan Tegas

Ketegasan kadang diperlukan untuk menghadapi orang keras kepala, alasan orang bersikap keras kepala karena orang disekitar lebih memilih mengalah kepada mereka. Jika orang tersebut mulai menunjukkan kemarahannya bersikaplah tenang dan utarakan alasan logis dan rasional mengapa ide kita penting. Saat mengutarakan alasan kita, hindari menyebutkan nama dan berkata-kata dengan suara keras.

Baca Juga: Cara Mengatasi Berbagai Hambatan Pribadi Mandiri

Menggabungkan Pendapat

Setelah masing-masing ide diutarakan, mungkin kita belum mendapatkan sepenuhnya apa yang menjadi ide terbaik kita namun dengan begitu kita sudah mendapatkan jalan tengah. Dengan kompromi dan negosiasi ide masing-masing pihak bisa dikolaborasikan.

Baca Juga: 5 Perubahan Menuju Kesuksesan

Meninggalkan Mereka

Tidak semua orang dapat kita hadapi. saat kita sudah tidak mampu lagi mengatasi mereka, itu artinya kita perlu menjauh dan berhenti berhubungan dengan mereka sampai akhirnya mereka menyadari bahwa dirinya memang keras kepala.

Baca Juga: 5 Hadiah yang Bernilai Tinggi dari Kegagalan

Begitulah 10 Tips/Cara ampuh Menghadapi Orang yang Berwatak Keras Kepala. Apabila dia tidak ada hubungan secara dalam dengan kita, cukup menghiraukannya saja. Namun, bagaimana kalau itu ayah, ibu, pasangan, keluarga, saudara, sahabat, atasan dan kaitan penting lainnya dengan kita. Apakah tetap kita tinggalkan saja orang itu? Tentu tidak bukan? Kita perlu menghadapinya dengan 9 cara ampuh saja yang telah dipaparkan di atas. Semoga Anda berhasil menaklukkan si keras kepala di sekitar Anda!

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Belanja Online Dengan Memaksimalkan Teknologi

Belanja Online Dengan Memaksimalkan Teknologi

Ideamardiana – Perkembangan tekonologi yang begitu pesat di era sekarang ini menawarkan berbagai kemudahan dalam berbelanja …

Tags: cara menghadapi orang keras kepala, menghadapi orang keras kepala, cara menghadapi orang yang keras kepala, cara menghadapi orang, cara menghadapi orang egois dan keras kepala, cara mengatasi orang keras kepala, keras kepala, bagai mana cara menjinakan bos yg keras kepala dan mudah tersinggung Wanita lagi, menghadapi pasangan yang egois dan keras kepala, cara menghadapi orang keras kepala dan egois