Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Inilah 5 Ekspresi Konsumen Saat Berhadapan dengan Seller/Penjual
ekspresi

Inilah 5 Ekspresi Konsumen Saat Berhadapan dengan Seller/Penjual

Ideamardiana.com – Berbicara mengenai konsumen, tentunya kita mesti mengetahui apa sebenarnya arti dari konsumen tersebut. Menurut wikipedia.com, konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Bagi seller/penjual yang profesional tentunya telah mengetahui ekspresi-ekspresi apa yang ia dapatkan dari para konsumennya. Dan ketika Anda yang mengetahui hal tersebut, bukan hal yang sulit lagi untuk mencari cara agar si konsumen langsung tertarik pada apa yang Anda tawarkan. Karena itu , berikut kami paparkan 5 ekspresi yang paling sering muncul ketika konsumen ditawarkan produk.

BOO!!!

Saat pelanggan merasa kecewa terhadap produk yang Anda tawarkan, maka disinilah saatnya pelanggan Anda tersebut akan membagikan informasi yang negatif terhadap Anda maupun produk yang Anda tawarkan. Apalagi di jaman yaang super mudah ini, sangat besar informasi tersebut tersebar luas lewat social media yang mereka miliki. Ini dikarenakan mereka tidak menginginkan orang-orang disekitarnya menjadi korban dari salesperson yang sama. Untuk itu hindari cara-cara penjualaan yang bersifat penipuan ataupun berbohong kepada pelanggan Anda. Sebelum Anda menawarkan sebuah produk ke pelanggan Anda, sebaiknya Anda mempelajari manfaat dan kegunaan dari produk yang akan Anda tawarkan tersebut.

ARGH!!!

Pelanggan yang seperti ini, akan menyimpan kekecewaanya di dalam hati. Namun perlu Anda waspadai, karena diam mereka bukan berarti menerima. Jangan pernaah berharap mereka akan kembali kepada anda. Mereka hanya belum termotivasi untuk secara aktif membagikan informasi yang negatif tentang Anda. Biasanya mereka kecewa bukan dengan apa yang Anda tawarkan, melainkan dengan apa yang Anda perbuat. Misalnya Anda telah menentukan waktu dan tempat untuk melakukan transaksi mengenai produk Anda, namun Anda telat dari waktu yang telah Anda sepakati. Sangat disarankan untuk Anda yang mengalami hal tersebut, agar berlatih menjadi orang yang sangat disiplin dan menepati janji yang telah Anda buat sendiri.

OK!!!

Lebih baik dari ekspresi sebelumnya, konsumen yang mengklaim Anda sebagai good seller, mereka tidak memiliki komplain namun juga tidak menunjukkan ekspresi kegembiraan. Mereka hanya menganggut-anggut saja. Namun mereka termasuk dalam golongan yang netral dalam hal berbagi informasi. Mereka tidak akan menceritakan hal yang negatif tentang Anda, tidak juga dengan informasi yang positif yang mereka dapatkan dari Anda. Untuk itu berikanlah hal yang berbeda, hal yang special kepada pelanggan Anda untuk membuat mereka merasa dispecialkan.

AHA!!!

Konsumen ini mendapatkan bonus dari  Anda atau kebanyakan penjual lakukan memberikan diskon kepada mereka. Namun apa yang Anda lakukan sudah tidak langka lagi dimata pelanggan Anda. Mereka sering menemukan ataupun mendengarkan hal yang serupa dari seller yang lainnya. Jadi kreatiflah dalam memasarkan produk Anda. Sering-seringlah mencari referensi atau berdiskusi dengan seller yang lainnya agar apa yang Anda lakukan  bukanlah hal yang lazim ditemukan.

WOW!!!

Wow adalah hal positif yang mengejutkan, diluar dugaan. Pokoknya sesuatu yang membuat Anda benar-benar terkesan. Dan sekali Anda melakukannya, pelanggan Anda akan merasa gelisah jika tidak menyebarkan informasi positif tentang diri dan produk Anda. Mereka akan mencari Anda kembali jika ingin membeli produk yang sama dari Anda. Bahkan mereka akan meminta rekomendasi tentang apa yang ingin mereka butuhkan, dan mungkin Anda menjual kebutuhan mereka. Untuk mendapatkan ekspresi wow ini sangatlah mudah jika Anda memahami kekurangan apa yang Anda lihat pada ekspresi-ekspresi sebelumnya.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: ekspresi penjual, kapan seorang konsumen mengeluarkan ekspresi wow, mardiana Good Seller