Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Inilah 5 Tips Menjaga Mood Agar Tetap Nyaman dan Menyenangkan
menjaga mood

Inilah 5 Tips Menjaga Mood Agar Tetap Nyaman dan Menyenangkan

Ideamardiana.com – Mood dapat menjadi penolong untuk meraih kesuksesan. Sebab, mood yang terjaga baik, dapat meningkatkan kinerja untuk meraih prestasi setiap hari. Banyak orang yang mengatakan, kreativitas dan kinerja akan meningkat seiring dengan mood-nya masing-masing. Ada yang senang bekerja di pagi dini hari. Ada yang merasa sangat cepat dan efektif bekerja di malam hari. Ada pula yang senang bekerja di siang hari. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya mood itu?

Menurut beberapa penelitian, mood sebenarnya adalah sebutan yang mengasosiasikan kondisi psikologis seseorang, apakah ia berada dalam kondisi yang nyaman (good mood) ataukah sebaliknya, kurang menyenangkan (bad mood). Karena dampak yang ditimbulkan oleh mood yang berbeda-beda, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengenali mood.

Beberapa penelitian berikut menyebutkan langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan mood agar selalu nyaman atau juga memperbaiki mood yang Anda rasa kurang menyenangkan.

Banyak Menebar Senyuman

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mempertahankan mood Anda adalah dengan menebar senyum termanis Anda. Namun terkadang banyak diantara kita yang melupakan hal mudah tersebut dikarenakan merasa lebih banyak hal-hal yang kurang menyenangkan terjadi pada dirinya. Akibatnya, senyum mudah kalah oleh wajah murung berkepanjangan. Padahal, menurut Robert Zajonc, seorang peneliti ilmu sosial dan psikologi sekaligus profesor dari Stanford University Amerika Serikat, senyuman yang ringan sudah dapat memperbaiki mood seseorang. Apalagi saat kita bisa menemukan hal yang membuat kita tertawa lebar. Jadi, banyaklah tersenyum, maka mood akan segera menjadi lebih baik.

Memperhatikan Orang Lain

Manusia hidup sebagai makhluk sosial. Karena itu, kita banyak dipengaruhi oleh lingkungan. Menurut hasil penelitian dari Dacher Keltner, ahli psikologi dari university of California Berkeley yang juga mengarang buku “Born To Be Good: The Science of a Meaningful Life”, memperhatikan orang lain dapat menjadi semacam terapi mentalitas kita. Dengan menyadari bahwa orang lain juga mengalami pasang surut kehidupan, kita akan sadar bahwa diri kita pun pasti mengalami hal yang serupa. Dengan cara itu, mood bisa selalu dijaga. Atau paling tidak, saat mood sedang kurang enak, kita segera sadar dan menggantinya dengan berpikir hal-hal yang menyenangkan.

Banyak Membantu Orang Lain

Selain dari memperhatikan orang lain, peneliti lainnya Sonja Lyubomirsky, pengarang “The How of Happiness” mengatakan bahwa membantu orang lain juga bisa membuat mood seseorang meningkat. Menolong tetangga, menawarkan kopi kepada rekan kerja, membantu orang lain untuk sukses, mau mendengarkan keluhan orang lain dan membantu mengatasinya, adalah sikap-sikap yang dapat mendatangkan mentalitas positif sehingga langsung ataupun tidak, dapat membantu membentuk mood yang baik.

Banyak Bergerak

John J. Ratey, M.D, peneliti dan pengarang buku “Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain”, menyebutkan bahwa banyak bergerak atau berolah raga sejenak adalah hal sederhana yang bisa membuat mood meningkat. Ia menganjurkan, jikalau masih malas berolahraga, paling tidak mulailah dengan langkah ringan, meski tak mesti keluar rumah ataupun ruangan. Jalan-jalan sejenak berdiri dari kursi, keluar kantor menghirup udara segar, adalah satu langkah kecil yang bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik.

Berpikir Optimis

Setiap orang pasti memliki permasalahan sendiri. Karena itu, semua sebenarnya bergantung pada sudut pandang kita untuk menghadapi masalah yang datang. Martin Seligman, seorang ahli psikologi dan pengarang buku “Learned Optimism: How to Change Your Mind and Your Life”, mengatakan orang yang optimis bukannya tidak menyadari adanya masalah. Namun pola pikir optimis akan mengajarkan bahwa setiap masalah selalu ada hikmah dan solusi yang membuat kita menjadi lebih baik ke depannya. Karena itu, membiasakan berpikir optimis dapat menjadi mood seseorang untuk tampil lebih baik di setiap menghadapi kendala dalam kehidupannya.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: cara menjaga mood tetap oke, cara menjaga mood kerja, tips menjaga mood di tempat kerja, tips menjaga mood, tips menjaga mood agar tetap baik, 5tips cara agar seseorang dapat meraih prestasi, cara menjaga mood cowok kita, cara menjaga mood atlet catUr, cara mempertahankan mood, cara jaga mood agar tetap baik