Tuesday, 27 September, 2016
Home » Informasi » Inspirasi Pengusaha Muda Rumput Laut Top Ittipat
Inspirasi Pengusaha Muda Rumput Laut Top Ittipat
Inspirasi Pengusaha Muda Rumput Laut Top Ittipat

Inspirasi Pengusaha Muda Rumput Laut Top Ittipat

Ideamardiana.com – Menjadi pengusaha merupakan impian banyak orang. Namun proses yang dilaluinya tidaklah mudah, seorang pengusaha sukses pun memulai bisnisnya dari awal saat masih dari nol atau bawah. Tidak ada usaha yang langsung melejit karena kehidupan membutuhkan proses apalagi bisnis pasti selalu ada pasang surutnya. Biasanya pelakon bisnis merupakan orang dewasa atau setengah baya, namun dewasa ini sudah banyak anak muda yang mulai terjun didunia bisnis bahkan sudah banyak yang menuai sukses dari bisnisnya tersebut.

The Billionaire
The Billionaire – Film Motivasi dari Thailand

Pernahkah Anda menonton film berjudul The Billionare?. Sebuah film asal Negeri Gajah Putih yang dirilis pada tahun 2012 dengan pemeran utama bernama Pachara Chirathivat ini sukses memberikan banyak motivasi kepada kalangan anak muda. Film yang disutradari oleh Songyos Sugmakanan ini menceritakan tentang seorang anak sekolah yang menjadi pecandu game online. Ketika berusia 17 tahun ia harus putus sekolah dan usaha yang digeluti keluarganya mengalami kebangkrutan pada saat usianya menginjak 18 tahun. Keluarganya meninggalkan hutang sebesar 40 juta Baht.

Nyatanya film tersebut diangkat dari sebuah kisah nyata seorang pemuda asal Thailand bernama Top Aitthipat Kulapongvanich atau biasa dipanggil Top Ittipat. Secara keselutuhan cerita yang ada di film memang benar-benar diangkat dari pengalaman hidup Top. Top yang semasa sekolahnya selalu bermain game online ini sudah dapat menghasilkan banyak uang dari game tersebut dari penjualan senjata-senjata yang ada di game tersebut. Namun bisnis ini merupakan bisnis ilegal yang tidak akan bertahan lama.

Kehidupannya semakin memburuk akibat hutang sehingga membuat rumah disita oleh pihak bank karena keluarga Top tidak dapat membayar hutang tersebut. Hal inilah yang membuat Top menjadi pribadi yang pantang menyerah. Ia mulai merambah dunia bisnis dengan menjual kacang goreng. Kacang goreng tersebut sempat laku keras namun suatu ketika usahanya harus ditutup karena alat yang digunakan untuk menggoreng kacang mengotori atap mall termpatnya berjualan. Orang tuanya mulai putus asa dan bermigrasi ke China namun top tetap bertahan di Thailand dan menlanjutkan usahanya.

Top Ittipat
Tpo Ittipat – Pengusaha Cemilan Rumput Laut

Top memiliki kekasih bernama Lin. Kekasihnya itu selalu memakan rumput laut goreng sebagai cemilannya dan ia mendapatkan inspirasi untuk membuat rumput laut goreng. Ia dan pamannya mulai mencoba untuk memulai bisnis ini dengan membuat rumput laut goreng namun ada saja masalah yang datang, mulai dari rumput laut yang mudah basi sampai rasa rumput yang tidak enak ketika sudah digoreng. Usaha dan semangatnya yang gigih membuat Top melakukan berbagai cara untuk menghasilkan rasa yang enak sampai dia terjun ke pasar untuk belajar bersama para pedagang.

Ketika sudah berhasil dalam membuat rasa enak pada rumput lautnya ia menerapkan metode ekspansi penjualan ke berbagai Negara bekerjasama dengan 7-Eleven namun ternyata 7-Eleven mempunyai standar yang sangat tinggi agar produk Top bisa masuk pasaran. Hal ini membuat Top kehilangan akal dan tidak menemukan jalan keluar akibatnya ia hampir saja berniat untuk menyusul orang tuanya ke China. Namun sebelum itu ia melakukan usaha terakhirnya untuk memenuhi syarat dari pihak 7-Eleven.

Usahanya kali ini tidak berakhir sia-sia karena Top berhasil memenuhi syarat dan kuota dari pihak 7-Eleven. Berkat kantor kecil milik keluarganya yang masih tersisa dan mengubahnya menjadi pabrik kecil ia dapat membayar hutang keluarganya dalam jangka waktu 2 tahun kedepan serta ia juga mendapatkan hak milik atas rumah keluarganya. Usahanya semakin berkembang dari tahun ke tahun kini ia sudah memiliki lebih dari 2.500 karyawan dan dapat mengekspor rumput laut goreng ke 6000 cabang 7-Eleven  seluruh dunia dan ke 27 negara termasuk Indonesia.

Kini Top telah memiliki lahan perkebunan rumput laut dan menuai pendapatan mencapai 1.5 Miliar Bath atau setara dengan 450 Miliar rupiah per tahunnya. Cemilan rumput laut goreng tersebut diberi nama Tao Kae Noi yang sekarang dapat kita jumpai dimana saja.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: inspirasi dari top ittipat, pengusaha muda ayes