Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Kesehatan » Khasiat Bawang Merah Bisa Atasi Gangguan Sinus
bawang merah

Khasiat Bawang Merah Bisa Atasi Gangguan Sinus

Ideamardiana.com – Sinusitis memiliki arti sinus yang berarti rongga dan itis yang berarti radang. Sehingga bila digabungkan, sinusitis adalah adanya peradangan pada sinus yang terletak di samping kanan, kiri bawah dan bagian atas rongga hidung. Sinus merupakan rongga kosong yang terdapat dalam tulang tengkorak kepala pada daerah sekitar hidung yang berfungsi  untuk mengalirkan lendir ke rongga hidung.

Dalam rongga hidung keadaan normal, aliran lendir ke dalam rongga hidung tidak akan menimbulkan rasa apapun. Namun pada beberapa gangguan tertentu, rongga-rongga ini dapat tersumbat sehingga cairan tidak dapat mengalir ke rongga hidung. Hal inilah yang menyebabkan terkumpulnya lendir di rongga diantara dahi dan pipi.

Gangguan sinus merupakan kondisi di saat terjadinya lendir atau mukus pada bagian rongga sinus yang disebabkan oleh penyakit sinusitis. Gangguan sinusitis ini biasanya disebabkan dikarenakan adanya bakteri yang ditimbulkan olehperadangan pada sinus. Namun, gejala radang sinus juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi dari jamur, alergi dan virus.

Penyakit sinus ini tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda yang sangat padat. Penderita sinus akan mengalami gangguan pernafasan dan terkadang mengalami sesak nafas. Salah satu cara mengobati sinus adalah mengkonsumsi obat.Namun, obat-obatan penyakit ini biasanya tidak disarankan untuk di penderita maag, asma, gagal jantung dan anak-anak yang berusis di bawah 16 tahun.

Biasanya gejala awal sinusitis ditandai dengan terjadinya pilek yang berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh-sembuh dan disertai ingus yang keluar berwarna kuning atau hijau. Selain itu, penderita sinus juga akan mengalami sakit bahkan hingga kerap demam.

Ketika seseorang terjangkit sinusitis, maka pada bagian rongga yang seharusnya berisi udara dan sedikit lendir ini menjadi berubah meradang. Hal ini akan menyebabkan lapisan mukosanya menebal atau membengkak dan menghasilkan banyak lendir. Sehingga hal inilah yang mengakibatkan banyak ingus atau lendir yang menjadi terperangkap di dalamnya dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

Namun, tahukah Anda? Tenyata bawang merah dapat mengatasi gangguan sinus. Bawang merah yang berbau tajam dan mengandung zat anti bakteri ini tentunya dapat membantu menyembuhkan sinus Anda. Selain itu, bawang merah juga mengandung anti jamur yang berfungsi untuk memusnahkan parasit dan jamur yang menjadi penyebab sinus. Kandungan sulfur yang terkandung juga dapat membantu menghentikan ingus yang terus menerus keluar dan dapat membantu memperlancar pernafasan.

Bagi Anda penderita sinusitis, caranya sangat mudah yaitu Anda hanya harus memakan bawang merah mentah. Pilihlah bawang yang ukurannya kecil saja, lalu kupas bawang tersebut dan cuci sejenak. Setelah mengunyah dan memakan bawang ini lalu minumlah segelas air hangat. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya. Cara ini akan efektif mengatasi gangguan sinus Anda.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: apakah bawang merah bisa menyembuhkan sinusitis, bawang merah untuk sinu, khasiat bawang merah untuk sinusitis, khasiat konsumsi 5 sinug bawang merah