Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Kisah Dosen Yang Tetap Mengajar Meski Sakit Parah
Yu Gangmao

Kisah Dosen Yang Tetap Mengajar Meski Sakit Parah

Ideamardiana.com – Guru adalah seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Itulah pernyataan yang sangat sering kita dengar. Guru adalah orang lain yang sangat berjasa pada semua pemimpin, insinyur, pilot, dan semua profesi yang ada di dunia ini. Guru mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk mendidik dan mengajar murid didiknya.

Yu Gongmao

Yu GongmaoYu Gongmao adalah seorang dosen di China yang inspiratif dan bertanggung jawab. Dedikasinya pada dunia pendidikan di China tidak perlu diragukan lagi. Dilansir dari shanghaiist.com, pada 2012 yang lalu Yu didiagnosis menderita aneurisma otak akibat faktor genetik Autosomal Dominant Polycystic Kidney Disease (ADKPD). Sejak saat itu, ia menjalani beberapa operasi pada otak dan kedua matanya. Sayangnya, kondisi Yu terus memburuk. Hingga kemudian ia didiagnosis menderita nekrosis ginjal.

Aneurisma (aneurysm) otak atau aneurisma cerebral yaitu kondisi gangguan kesehatan akibat terjadinya pelebaran yang abnormal pada pembuluh darah di otak, pelebaran ini berkembang di persimpangan arteri besar di dasar otak, yaitu area yang disebut lingkaran willis. (sumber: doktersehat.com)

Untuk dapat bertahan hidup, Yu harus melakukan hemodialisis atau cuci darah sebanyak tiga kali seminggu. Kondisi ini membuat Yu semakin kurus karena berat badannya terus menurun. Meski penyakitnya parah dan mematikan, Yu tetap mengajar di Wuhan University, Hubei karena menurutnya dengan mengajar ia merasa lebih semangat dan memiliki tujuan hidup. Yu tidak ingin terpuruk menghadapi penyakitnya.

Yu dikenal sebagai dosen yang sangat menyenangkan dan optimis. Ia memberi semangat yang positif bagi para mahasiswanya. Walaupun terkadang ia harus mengajar dengan duduk karena lelah terlalu lama berdiri.

Yu pernah mengajar di beberapa universitas di China, bahkan dunia. Murid-murid tempat Yu pernah mengajar dulu sering mengirimkan surat padanya untuk memberikan semangat pada Yu. Hingga Yu memiliki kotak tersendiri yang berisikan semua surat dari para muridnya tersebut. Tentu hal ini membuat Yu semakin semangat untuk Sembuh.

Baca Juga : Kisah Seorang Anak Jalanan Yang Disulap Jadi konglomerat

Tentu banyak orang bertanya mengapa ia tetap mengajar dalam kondisi yang sedang sakit parah. Menurut Yu, ia sangat mencintai murid-muridnya. Selain itu, rekan kerjanya juga memberinya semangat untuk segera sembuh. Tentu hal ini membuat ia tidak merasa sendiri dalam menghadapi penyakitnya. Pihak universitas juga sangat membantu dalam biaya pengobatan Yu yang tentunya membutuhkan dana yang besar. Termasuk murid-muridnya. Mereka mengumpulkan dana untuk pengobatan Yu dan untuk operasi transplantasi ginjal agar Yu dapat sehat seperti sedia kala. Sehingga Yu dapat terus berdedikasi dan  memberikan ilmunya kepada para muridnya.

“The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires.”
William Arthur Ward

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …