Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Rahasia Sukses Cemerlang Saat Melakukan Presentasi Kerja
Presentasi Kerja

Rahasia Sukses Cemerlang Saat Melakukan Presentasi Kerja

Ideamardiana.com – Meskipun seseorang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, akan tetapi ada waktu-waktu tertentu dirinya merasa kurang yakin dan kepercayaan dirinya menjadi menurun, seperti misalnya saat akan melakukan presentasi di tempat kerja atau sekolah. Hal tersebut mungkin juga terjadi pada diri Anda. Rasa tegang dan kurang percaya diri ketika akan melakukan presentasi kerja adalah sesuatu yang wajar.

Namun apabila Anda telah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum melakukan presentasi kerja maka Anda seharusnya yakin bahwa Anda akan bisa sukses melewatinya. Selain itu, berusahalah untuk percaya pada kemampuan yang Anda miliki dan tenangkan diri Anda dengan selalu memikirkan hal-hal yang positif.

Seperti yang dilansir dari laman DailyWorth pada Jumat, 11 Maret 2016, terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar sukses dalam melakukan presentasi kerja. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Berbicara Dengan Jelas

Cara pertama agar sukses dalam melakukan presentasi kerja adalah berbicara dengan jelas. Jika Anda menyampaikan presentasi dengan jelas maka orang lain akan menaruh perhatian pada Anda. Sebelum melakukan presentasi, pastikan Anda mengerti dan paham materi dari presentasi tersebut. Usahakan untuk tidak terlalu sering melihat catatan Anda. Sebaliknya, Anda harus sering melihat orang-orang yang sedang memperhatikan presentasi Anda.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Rasa Takut Saat Berbicara

Keluarkan Ide Cemerlang

Cara kedua yaitu keluarkan ide-ide cemerlang Anda untuk kemajuan perusahaan tempat Anda bekerja. Ketika Anda menyampaikan ide-ide tersebut, dapat dipastikan ada rekan kerja yang memberikan kritik. Anda harus menghargai dan mendengarkan kritikan apapun dari rekan kerja Anda.

Baca Juga : Cara Cerdas Mendengarkan Orang Lain

Persiapkan Presentasi Dengan Baik

Cara ketiga untuk mensukseskan presentasi kerja Anda yakni mempersiapkan presentasi tersebut dengan sebaik mungkin. Anda perlu menyiapkan segala kebutuhan yang mendukung jalannya presentasi seperti proyektor, alat tulis, buku catatan, pakaian, penampilan, dan materi presentasi yang akan dibagikan pada rekan-rekan kerja.

Dengarkan Kritik dan Terbuka Dengan Pendapat Orang Lain

Cara kempat adalah mendengarkan kritik dan selalu berusaha terbuka dengan pendapat orang lain. Kritik dan pendapat dari rekan kerja yang lain dapat membangun ide-ide cemerlang yang tentunya akan berguna bagi perkembangan perusahaan.

Berusaha Untuk Tidak Menyela Pembicaraan

Cara terakhir melakukan presentasi kerja dengan sukses dan lancar adalah berusaha untuk tidak menyela pembicaraan rekan kerja maupun atasan Anda saat sedang menyampaikan pendapat. Jika Anda kurang setuju dengan pendapat tersebut sampaikanlah keberatan Anda secara baik dan sopan.

Demikian beberapa cara sukses saat melakukan presentasi kerja di kantor. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, diharapkan Anda dapat melewati masa-masa presentasi dengan lancar serta bisa menyampaikan dengan tepat dan jelas apa yang Anda presentasikan. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …