Tuesday, 22 November, 2016
Home » Informasi » Strategi Belanja di Marketplace Online
Strategi Belanja Di Marketplace Online Agar Lebih Nyaman
Strategi Belanja Di Marketplace Online

Strategi Belanja di Marketplace Online

Ideamardiana – Internet membawa pengaruh dalam gaya hidup dan menciptakan trend-trend baru dalam masyarakat. Salah satu trend gaya hidup dalam masyarakat yaitu berbelanja online. Belanja online banyak dipilih bagi masyarakat karena sangat mudah, praktis dan menghemat biaya pengeluaran. Anda pasti sudah merasakan keuntungannya dari mulai berbelanja dimanapun dan kapanpun Anda mau.

Akibat banyaknya kasus penipuan yang terjadi dalam berbelanja online masyarakat menjadi takut sehingga masyarakat beralih pada marketplace online seperti tokopedia, bukalapak, OLX, Shopee dan lainnya. Marketplace merupakan tempat berbelanja online yang menyediakan kenyamanan yang lebih aman dan produk yang ditawarkan lebih aman karena penjualnya datang dari berbagai daerah. Berikut ini beberapa alasan mengapa masyarakat lebih memilih berbelanja marketplace online.

Rekening Bersama

Sistem rekening bersama atau biasa dikenal escrow merupakan keunggulan dari marketplace karena sistem pembeli dan penjual akan sama-sama aman. Jika produk yang dipesan tidak dikembalikan maka pembeli tidak perlu khawatir karena dana akan dikembalikan sepenuhnya kepada pembeli.

Ada Pihak Ketiga

Belanja di marketplace lebih aman karena adanya pihak ketiga yang membantu sebagai penengah. Marrketplace menyediakan fitur khusus yang merupakan wadah bagi pembeli jika mengalami kendala transaksi. Jika penjual tidak merespon complain Anda, maka Anda dapat meminta bantuan dengan mengklik kolom “bantuan” dan costumer dari marketplace akan membantu Anda untuk memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah, akan tetapi sebelumnya Anda harus mengirim bukti-bukti transaksi yang pernah dilakukan. Anda dapat komplain apa saja dari mulai barang tidak dikirim, produk yang dikirim tidak sesuai dengan yang difoto, produk rusak atau lecet dan sebagainya. Costumer tersebut akan membantu antara pembeli dan penjual untuk mendapatkan solusi. Dengan begitu masalah Anda akan beres.

Produk Bermacam-Macam

Marketplace seperti lazada, tokopedia, Shopee dan lainnya menyediakan produk yang bervariasi dan lengkap. Apapun yang Anda inginkan pasti ada di marketplace, dari mulai produk pakaian, sepatu, tas dan lainnya. Itu karena, terkumpulnya produk dari berbagai macam penjual.

Dapat Membandingkan Harga

Banyaknya produk yang dijual dari seluruh Indonesia di marketplace, jadi Anda dapat membandingkan harga dan mendapatkan harga yang murah. Akan tetapi jangan karena harga murah Anda melupakan untuk meriview produk tersebut. Baca juga komentar-komentar pembeli sebelumnya, jika komentar yang diberikan bagus dengan harga yang murah maka langsung dibeli saja.

Review Pembeli Yang Terpercaya

Keunggulan lain dari marketplace yaitu marketplace manyediakan fitur reputasi dan ulasan agar pembeli dapat membeli produk di toko yang terpercaya. Ulasan yang diberikan dari pembeli yang telah melakukan pembelian pada toko tersebut dapat menjadi acuan terhadap kualitas dan akurasi produk, serta pelayanan penjual sehingga Anda tidak perlu takut jika membeli di marketplace.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Cara Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Tips Berbelanja Online Menggunakan Kartu Kredit

Ideamardiana – Ketika berbelanja di Oriflame atau toko online, Anda akan diberikan opsi pembayaran yaitu dengan …