Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Strategi Dalam Menyusun Pernikahan Agar Tetap Hemat
wedding party

Strategi Dalam Menyusun Pernikahan Agar Tetap Hemat

Ideamardiana.com – Ingin segera menikah namun terkendala dengan dana yang minim merupakan permasalahan yang sering ditemui pada beberapa pasangan. Cara pintas dengan memanfaatkan pinjaman bank biasanya akan dilakukan demi mewujudkan pernikahan impian. Meskipun alasan ini tidak terlalu masuk akal namun nyatanya dilakukan oleh beberapa orang.

Pernikahan bukanlah mengenai pesta mewah dan meriah, keabsahan menikah adalah pada ucapan sah yang dilakukan oleh mempelai laki-laki. Pesta tidak menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh pasangan yang menikah. Demi menghindarkan Anda dari permasalahan hutang untuk penyelenggaraan pernikahan di kemudian harinya, berikut adalah beberapa tips mengadakan pernikahan dengan budget kisaran 50 juta rupiah saja.

Membuat Pos Pengeluaran

Pos pengeluaran berfungsi untuk mengalokasikan dana secara tepat. Misal untuk kesan mewah, alokasikan dana sebesar 30% dari 50juta untuk dekorasi. Selain itu, hal yang terpenting dan akan dinilai tamu undangan adalah makanan. Maka perlu untuk mengalokasikan makanan kurang lebih 15juta. Perhatikan kombinasi hidangan yang tepat agar tidak terkesan monoton.

Mencari Paket Gedung

Penghematan dapat dilakukan dengan survey harga dan menghindari penyewaan ballroom hotel bintang lima. Carilah gedung yang disewakan khusus acara pernikahan karena pihak penyewa biasanya memiliki paket gedung bersama kebutuhannya. Kesan mewah dapat diberikan dengan dekorasi yang bagus.

Catering

Makanan akan menjadi cerminan kemampuan Anda dan pasangan dalam merajakan tamu melalui hidangan-hidangan yang menggugah selera. Carilah referensi dari keluarga atau rekan. Tanyakan mengenai kualitas serta rasa dari masakan. Untuk mendapatkan harga yang miring dengan kualitas tinggi maka perlu rajin dalam melakukan survey. Perkirakan kehadiran tamu undangan agar dapat menjadi patokan untuk memesan makanan.

Melakukan Gotong Royong

Memiliki budget minim, mengharuskan Anda bekerja lebih keras untuk menyiapkannya sendiri. Mintalah bantuan kepada keluarga Anda untuk mengerjakan persiapan pernikahan ini. Jangan malu untuk mengerahkan tenaga dan waktu Anda, pasangan hingga keluarga untuk hasil maksimal.

Manfaatkan Kreativitas Anda

Demi penghematan, Anda dapat memanfaatkan kreativitas untuk menunjangkan pernikahan. Seperti baju pengantin, make up, fotografer, hingga pembuatan souvenir. Jika tidak dapat melakukannya sendiri, minta bantuan anggota keluarga atau rekan terdekat yang memiliki kemampuan tersebut. Meskipun tidak akan mendapatkan secara gratis, minimal Anda akan diberi potongan harga.

Menghemat Hiburan

Dalam pernikahan kebutuhan MC, penyanyi dan pengiring professional tidak dapat dielakkan. Untuk menghemat, Anda dapat menggunakan jasa keluarga atau rekan yang memiliki kemampuan menghibur. Selain bermanfaat untuk menghemat, juga akan membantu menyalurkan bakat anggota keluarga dan rekan.

Anggarkan Dengan Baik

Melakukan hal-hal diatas akan membantu Anda menganggarkan dana minim secara maksimal untuk pernikahan. Yang terpenting adalah kemampuan prediksi, proyeksi, dan kalkulasi harus dilakukan secara tepat.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi Pasangan Yang Tertutup Soal Keuangan

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: cara mengatasi yang ingin menikah tapi terkendala keuangan, tips menikah hemat namun mewah