Tuesday, 27 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Strategi Dalam Merencanakan Keuangan Pribadi
keuangan pribadi

Strategi Dalam Merencanakan Keuangan Pribadi

Ideamardiana.com – Tanpa disadari, Anda pasti sudah pernah melakukan penyusunan tujuan keuangan atau financial goal. Tujuan dari perencanaan keuangan adalah mempersiapkan dana untuk suatu kebutuhan dalam range waktu tertentu. Sehingga untuk mencapai kebutuhan Anda, berikut merupakan beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk mengawali perencanaan keuangan dan mencapai kebutuhan yang diinginkan.

Membuat Daftar Tujuan Keuangan yang Telah Ditargetkan

Cara pertama ini perlu untuk segera dilakukan. Dengan membuat daftar tujuan yang akan Anda lakukan, maka memperkirakan pengeluaran untuk mewujudkannya dapat segera dilakukan. Agar mempermudah membuat daftar ini, Anda harus terhidar dari tekanan dan stress. Pisahkan target Anda dengan metode skala prioritas.

Sadar dengan Motivasi yang Anda Miliki

Memiliki motivasi terhadap keuangan sangat penting. Motivasi harus bersifat intrinsik yaitu berasal dari diri Anda sendiri. Patuhi apa yang menjadi motivasi Anda agar perencanaan keuangan dapat berjalan lancar. Ingatlah apa yang telah Anda tetapkan merupakan langkah menuju kesuksesan sehingga pikiran untuk melanggarnya dapat dibuang jauh-jauh.

Menyusun keuangan Anda

Tidak dipungkiri, setiap orang pasti memiliki lebih dari satu tujuan keuangannya. Hal tersebut tidak dilarang, namun Anda juga harus memprioritaskan tiga tujuan utama berupa: (a) memiliki jalur yang sama dengan rencana pensiun, (b) berhubungan dengan pelunasan segala macam bentuk tagihan besar, dan (c) termasuk ke dalam dana emergensi yang dapat tumbuh (minimal dapat menjamin kehidupan Anda 6 bulan kedepan).

Membuat Daftar Tujuan Secara Spesifik, Terukur, dan Menantang

Miliki tujuan yang realistis agar riang gerak untuk mewujudkannya tidaklah mendapat banyak kendala. Tujuan yang jelas akan memberi Anda kemudahan untuk mencapainya melalui kegiatan yang dilakukan.

Visualisasi Proses Percobaan

Cara ini bertujuan untuk mencapai tujuan tersebut secara berkala. Hasil dari para peneliti, cara ini lebih efektif dibanding hanya menyusun tujuan secara visioner. Disini pengalaman juga memiliki andil yang penting karena dapat memunculkan perilaku baru.

Evaluasi Budget

Perencanaan harus dibarengi dengan keuangan yang nyata. Maka perlu dilakukan evaluasi budget dalam dua sudut pandang. Pertama, Anda dapat melakukannya dengan melipatgandakan pembayaran take home. Nilai yang dapat diambil adalah 0.2 atau 20%. Kedua, dengan melihat biaya mana yang paling mungkin diambil.

Pembagian Dana Untuk Masing-masing Tujuan

Hal ini perlu dilakukan bila Anda memiliki lebih dari satu tujuan. Bagi sesuai dengan skala prioritas kebutuhan.

Baca Juga : Tips Mandiri Membiayai Pendidikan Sendiri

Mengotomatisasi dan Mengamati Progress

Lakukan pengecekan pada tabungan secara berkala. Tempatkan pula uang Anda pada tabungan yang berbeda agar tidak terpakai. Setelah itu, ketika sudah berjalan perlu melakukan pengamatan agar keberhasilan atau kegagalan dapat diketahui segera.

Baca Juga : Cara Memilih perencana Keuangan

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: ebook perencanaan keuangan pribadi, ebook perencana keuangan 2016, merencanakan keuangan, strategi keuangan oriflme