Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Tips Aman Belanja Online di Internet Menjelang Liburan
Tips Aman Belanja Online
Tips Aman Belanja Online Menjelang Liburan

Tips Aman Belanja Online di Internet Menjelang Liburan

Menjelang liburan atau menyambut lebaran sudah dipastikan beberapa toko baju akan dibanjirin oleh para konsumen. Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak mau berpanas-panasan, ada baiknya Anda berbelanja online dengan media internet. Dapat kita lihat, hampir semua kebutuhan masyarakat dapat dibeli dari online. Anda dapat memanfaat toko-toko online yang terpercaya dan aman seperti Lazada, Elevenia, Bhinneka, MatahariMall, Olx dan lainnya.

Barangkali Anda merupakan salah satu yang berbelanja online dengan sesuka hati. Tentunya Anda tidak mau menjadi penyumbang uang cuma-cuma dan tidak mendapatkan barang yang Anda idamkan. Maka, kecermatan dan kehati-hatian sangat diperlukan sebelum membeli barang. Saat ini, sudah banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membuka toko online tetapi berkedok penipuan. Mungkin beberapa tips aman berbelanja online dari internet ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 1.  Mengumpulkan informasi

Berbagai informasi dapat anda kumpulkan sebelum membeli barang, seperti dengan melihat testimoni yang tertera pada toko online tersebut. Anda dapat membaca komentar dan review yang pernah berteransaksi pada toko tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan harga dari toko-toko online yang lain. Perbedaan harga yang jauh atau sedikit pasti Anda temukan.

 2.  Tidak mudah tergoda dengan harga

Harga merupakan hal yang pertama dilihat pelanggan saat membeli sebuah barang. Kebanyakan masyarakat tergoda dengan harga yang murah sehingga tidak melihat kualitas barang. Selain itu, tawaran harga dapat hadir dari email dengan meminta pasword atau ID Anda. Sebaiknya Anda sebelum membeli barang, mengetahui jenis barang, ukuran, dan mengujungi website resmi untuk berbelanja langsung dari sana. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa terhadap kualitas dan tidak tertipu.

 3.  Pembayaran

Sebelum membayar Anda harus mempertimbangkan cara pembayarannya. Biasanya pembayaran dilakukan dengan kartu kredit, sehingga Anda memiliki bukti telah melakukan transaksi. Tetapi sekarang ini sudah banyak pencurian nomor kredit. Pembayaran dari paypal, transfer kirim dan COD dapat Anda pertimbangkan. Selain itu, terlebih dahulu Anda harus mengetahui keberadaan toko online tersebut sehingga jika barangnya tidak sampai, Anda dapat datang langsung ke tempat tersebut.

 4.  Berhati-hati dalam memberikan informasi

Biasanya sebelum membeli barang Anda akan disuruh untuk mengisi biodata seperti nama, alamat, No Hp dan lain-lain. Jika Anda diminta mengisi gaya hidup atau penghasilan sebulan, akan lebih baik Anda tidak mengisinya dan mencari toko lain. Pertanyaan yang tidak penting sebaiknya tidak Anda jawab.

 5.  Simpan bukti yang ada

Bukti transfer dan salinan pesan sebaiknya Anda simpan sampai barang berada di tangan Anda. Ini untuk  pertanggung jawaban jika terjadi sesuatu pada barang Anda seperti barang rusak dan tidak sampai.

Itulah 5 hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum berbelanja secara online, apalagi jika Anda termasuk orang yang baru pertama kalinya ingin melakukan transaksi secara online. Semoga artikel ini sangat bermanfaat.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …