Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Dalam Merencanakan Keuangan Di Hari Tua
pensiunan

Tips Dalam Merencanakan Keuangan Di Hari Tua

Ideamardiana.com – Merencanakan kehidupan pasca pensiun bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Anda harus melakukan perencanaan secara jauh-jauh hari. Sebelum memasuki masa pensiun, Anda harus melakukan berbagai pertimbangan yang memerlukan waktu dan rincian penting yang tidak sedikit. Berikut ini merupakan cara untuk menyederhanakan rencana pensiun Anda agar tertata lebih rapi.

Fokus dengan Apa yang Dapat Anda Kontrol

Dapat memperkirakan waktu untuk melakukan tingkat pengembalian investasi dapat dilakukan dengan menyenangkan. Dengan melakukan hal ini Anda dapat menghitung nilai dan pertumbuhan portofolio pada jangka panjang. Namun yang menjadi masalah adalah realisasi pengembalian investasi tidak dapat Anda perkirakan secara nyata. Ditambah lagi, hasil setiap tahun yang Anda dapatkan tidak sama.

Ada baiknya, Anda menetapkan tujuan berdasarkan sesuatu yang dapat dikontrol. Seperti, nilai potongan gaji yang telah masuk ke rekening pensiun di setiap tahunnya, setelah itu biarkan pasar yang melakukan pekerjaan sisanya.

Jangan Tergiur dengan Model Investasi Terbaru

Pendapat-pendapat mengenai strategi investasi banyak dikeluarkan oleh berbagai kalangan. Disini Anda harus jeli untuk memilah informasi yang beredar. Keadaan pasar yang tidak stabil sama dengan keadaan investasi. Memang banyak jalan untuk menumbuhkan investasi, namun cara terbaik adalah tetap berada pada rute yang sama dalam jangka waktu yang panjang agar mendapatkan hasil maksimal.

Segeralah Untuk Hidup Hemat

Perilaku menunggu untuk merencanakan investasi yang sempurna setelah memiliki tabungan adalah sesuatu yang kurang baik dilakukan. Anda dapat menabung sedini mungkin, sehingga melatih untuk belajar mengelola keuangan dan melakukan penyesuaian dengan keadaan yang selalu berubah-ubah.

Menentukan Kapan Uang Anda Berada di Posisi Cukup Untuk Pensiun

Sebagian besar orang bekerja secara menggebu-gebu hanya untuk menabung cukup untuk uang pensiunnya. Keadaan ini menjadikan perilaku sindrom bekerja di akhir masa pensiun. Memang ketika Anda memasuki masa tua, investasi dan tabungan akan berangsur-angsur terkuras. Namun harus disadari bahwa Anda tidak memiliki kemampuan untuk membayar tahun kebebasan dan kehidupan yang tenang tanpa terbebani pekerjaan. Berhentilah sejenak untuk memikirkan kebutuhan di hari tua yang mampu memberikan kenyamanan untuk Anda. Setelah semuanya jelas, Anda dapat segera mengundurkan untuk mewujudkan rencana kebebasan tersebut.

Rencanakan Tujuan yang Tidak Menghabiskan Tabungan Anda

Ketika seseorang pensiun, tidak sedikit yang merasa kebingungan mengenai kegiatan yang akan dilakukan setelahnya. Anda biasanya hanya akan khawatir dengan keuangan dan biaya hidup selanjutnya. Namun yang terpenting Anda memiliki banyak hal yang dapat dilakukan secara menyenangkan di masa tua, tapi memang semua hal tersebut membutuhkan perencanaan yang matang. Lakukan perencanaan sedini mungkin untuk memacu Anda hidup lebih hemat.

Baca juga : Tips Menghemat Gaji Bulanan

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: keuangan dihari pensiun, cara mengatur uang untuk hari tua, HIDUP HEMAT UNTUK HARI TUA, perencanaan keuangan hari tua, tips hari tua, very keuagan