Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Keuangan Bagi Para Jobseeker
jobseeker

Tips Keuangan Bagi Para Jobseeker

Ideamardiana.com – Ketika Anda berada dalam perusahaan dan perusahaan tersebut mengalami ketidakseimbangan, maka ada kemungkinan untuk di hentikan dari pekerjaan sehingga menjadi pengangguran. Keadaan pengangguran tersebut akan mempengaruhi keuangan Anda, sulit rasanya untuk mempertahankan keuangan agar tetap stabil. Menjadi seorang penggangguran berarti Anda memiliki tugas untuk mencari pekerjaan baru dan mengelola keuangan agar berada pada titik stabil.

Kemungkinan untuk bangkrut akan membayangi Anda ketika tidak pandai dalam mengelola keuangan yang tersisa. Dampak dari pemutusan pekerjaan dapat terjadi dalam dua bentuk, yaitu krisis keuangan dan krisis emosional. Anda harus memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhan harian, kebutuhan bulanan hingga tagihan yang dimiliki. Keadaan seperti ini mengharuskan Anda untuk bersikap lebih tenang agar dapat berfikir jernih dalam mengelola keuangan.

Untuk mengatasinya, simak beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika mengalami masalah keuangan.

Usahakan Untuk Mengelola Hutang dengan Lebih Bijaksana

Ketika Anda sudah bekerja dan kemudian diberhentikan, maka bisa dipastikan memiliki kewajiban melakukan pembayaran hutang. Anda yang melakukan cicilan rumah, cicilan mobil, kredit apartemen dan lain sebagainya harus pandai mengelola keuangan agar semuanya dapat terpenuhi. Ekspetasi yang dimiliki penagih kredit tersebut pastilah Anda mampu membayar, tanpa mempedulikan keuangan yang sedang terjadi. Ketika mengalami kendala ini, cara yang dapat Anda lakukan adalah meminta penurunan angsuran dan melakukan perpanjangan tenor hingga memiliki pekerjaan baru.

Berhenti Menggunakan Kartu Kredit, Mulai dengan Uang Tunai

Kartu kredit hanya akan membuat Anda semakin boros. Sifat kartu kredit yang memfasilitasi pembelian bersifat implusif. Bila menggunakan kartu kredit Anda akan semakin tergiur untuk membeli berbagai macam produk karena tidak dituntut mengeluarkan uang. Dan dengan pembayaran tunai, Anda akan lebih hemat dan membeli kebutuhan yang penting saja.

Menurunkan Pengeluaran Anda

List yang Anda miliki ketika masih bekerja akan berbeda setelah tidak mempunyai pekerjaan. Pengeluaran berupa dana untuk traveling, nongkrong, ngopi, perawatan dan lain sebagainya yang merupakan pengeluaran rutin harus segera Anda minimalisir. Untuk sementara waktu Anda harus menahan untuk melakukan hal yang membuat tipis tabungan. Bila masih menerapkan hal yang sama seperti saat memiliki pekerjaan maka keuangan Anda tidak akan stabil. Mulailah berhemat agar dapat bertahan hidup hingga mendapat pekerjaan baru.

Pikirkan Jalan Alternative Untuk Segera Mendapatkan Penghasilan

Peluang untuk mendapatkan pekerjaan serabutan pasti selalu ada. Segeralah untuk mengambil pekerjaan tersebut agar mendapatkan penghasilan, sambil mencari pekerjaan tetap. Walaupun penghasilannya tidak sebesar pekerjaan sebelumnya, hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran Anda.

Melalui keempat tips diatas, Anda akan lebih tenang ketika mengalami pemutusan kerja. Tetaplah bersemangat untuk mencari pekerjaan baru.

Baca Juga : Penghasilan di Usia Muda

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …