Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Keuangan Bagi Yang Memiliki Hobi Melancong
jalan-jalan

Tips Keuangan Bagi Yang Memiliki Hobi Melancong

Ideamardiana.com – Pada zaman modern saat ini melancong atau traveling kian ramai dijadikan masyarakat sebagai hobi. Apalagi dengan dukungan sosial media yang semakin mudah untuk di akses, banyak dari masyarakat yang kian gemar melakukan traveling lalu memamerkannya di sosial media. Berbagai macam sosial media seperti instagram, facebook, path, hingga twitter semakin mudah untuk membantu Anda mencari tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Namun permasalahan yang mendasar ketika seseorang memiliki hobi traveling adalah masalah keuangan. Melakukan perjalanan keliling belahan dunia untuk mengunjungi tempat-tempat yang indah memerlukan biaya tidak sedikit. Maka dari itu, Anda sebagai pencinta traveling dituntut untuk pandai-pandai mengatur keuangan agar tidak terjadi pembengkakkan. Mulailah untuk membuat list tempat yang akan Anda kunjungi beserta semua kebutuhan yang harus dipenuhi. Carilah rekomendasi mulai dari tempat, transportasi yang dapat digunakan untuk menjangkau tempat tersebut, penginapan, tempat makan, hingga biaya untuk membeli oleh-oleh.

Setelah mendapatkan semuanya, Anda dapat menyusun anggaran yang harus disiapkan. Berilah tambahan dana sebanyak 20% di luar jumlah anggaran yang telah ditentukan. Uang tambahan ini bermanfaat untuk Anda ketika terjadi kebutuhan eksta diluar perencanaan. Dan ketika tidak terjadi pengeluaran ekstra, jangan menggunakan dana ekstra tersebut untuk berbelanja atau membeli oleh-oleh secara berlebihan, lebih baik Anda menabungkannya untuk dana traveling selanjutnya.

Selanjutnya, Anda dapat menetapkan jangka waktu untuk mengumpulkan dana utama dan dana ekstra untuk traveling. Misalkan untuk traveling ke luar negeri, Anda dapat memulainya 2 tahun sebelumnya karena dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Sedangkan untuk traveling ke tempat wisata domestic, Anda dapat mempersiapkan 6 bulan sebelumnya. Ketika dana yang Anda kumpulkan tidak terlalu banyak, gunakanlah dalam bentuk tabungan.

Penyisihan untuk dana traveling dapat dilakukan sebesar 5% hingga 10% dari penghasilan bulanan Anda. jangan terlalu banyak menyisihkan uang untuk menuruti hobi traveling. Jika dilakukan secara berlebihan akan menggangu kesehatan keuangan Anda. Hal yang perlu Anda terapkan sebagai seseorang yang hobi traveling, ketika memiliki tabungan yang disiapkan khusus untuk traveling silahkan habiskan dalam kegiatan traveling Anda namun bila sudah habis jangan menggunakan uang di rekening lain untuk memuaskan hasrat traveling.

Saat Anda melakukan traveling keluar negeri, ada baiknya untuk melakukan penukaran uang ketika berada di Indonesia. Cara ini akan lebih meminimalisir pengeluaran karena nilai tukar kurs lebih tinggi dan jangan lupa untuk menyiapkan uang pecahan. Bawalah uang untuk berjaga-jaga berupa US dollar. Dan hindari untuk menukarkan uang di hotel atau bandara karena pihak tersebut akan mengambil keuntungan yang besar. Terakhir, sisihkan biaya untuk membeli oleh-oleh namun carilah rekomendasi tempat oleh-oleh yang murah dan berkualitas.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: hoby melancong