Monday, 26 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Keuangan Untuk Para Freelancer
freelancer

Tips Keuangan Untuk Para Freelancer

Ideamardiana.com – Berdasarkan waktunya, seorang pekerja dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pekerja weekdays dan pekerja freelancer. Jika pekerja weekdays adalah mereka yang memiliki jumlah jam kerja yang pasti tiap minggunya, baik kontrak maupun pegawai tetap. Sedangkan seorang freelancer adalah mereka yang memiliki waktu tidak tetap untuk melakukan pekerjaannya. Freelancer juga biasa disebut tenaga kerja harian lepas.

Pengelolaan uang untuk para weekdays tidaklah sulit. Sebab, mereka memiliki uang yang tetap setiap bulannya baik diberikan di awal, tengah, maupun akhir bulan. Berbeda dengan hal tersebut, para freelancer tidak memiliki penghasilan yang tetap, sehingga terkadang uang sulit untuk dikelola. Jika Anda adalah seorang artis, maka honor yang diberikan biasanya cukup banyak, namun tidak demikian bagi para freelancer lainnya. Namun, tidak perlu takut dengan keadaan tersebut, karena artikel ini akan membahas habis bagaimana mengelola keuangan untuk Anda para freelancer.

Catat Pemasukan

Hal ini merupakan langkah awal untuk Anda agar dapat melihat seberapa kemampuan yang bisa Anda jalani selama beberapa waktu. Jika honor yang Anda terima ternyata sedikit, maka Anda bisa segera membuat antisipasi dengan berbagai cara. Meghemat beberapa peralatan juga perlu agar keuangan Anda tidak cepat habis digunakan.  Selain itu, perlu adanya perubahan catat pemasukan, karena tiap bulan honor yang diterima bisa saja berbeda.

Bayar Iuran di Awal

Bagi Anda yang sedang melakukan berbagai bentuk cicilan, maka sangat penting untuk membayarnya di awal. Jika tidak demikian, maka tagihan bisa saja makin menumpuk dan memberatkan Anda dalam membayarkannya untuk beberapa bulan ke depan. Masukkan semua iuran yang Anda tanggung ke dalam skala prioritas sehingga tidak menjadi beban yang berlebih untuk kehidupan dalam kurun waktu tertentu.

Sisihkan Pendapatan

Ada beberapa freelancer yang tetap merasakan kurang walaupun gaji yang diterima hingga puluhan juta. Hal tersebut terkadang karena dia memiliki berbagai kegiatan di luar ekspektasinya yang menyebabkan pengeluaran membengkak. Ada juga keadaan darurat yang menyebabkan gaji yang dimiliki selalu kurang. Agar dapat mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menyisihkan setiap gaji Anda sebelum memulai pengeluaran apapun. Setidaknya minimal Anda tidak kesulitan untuk pemenuhan kebutuhan ketika sedang tidak ada job yang datang.

Proyek Idealis vs Proyek Menghasilkan Uang

Hal ini berkaitan dengan apa yang Anda kerjakan dan sejauh mana keuntungan yang didapatkan. Kuncinya adalah prioritaskan dahulu proyek yang menghasilkan banyak uang daripada idealis yang telah Anda miliki sebelumnya. Misalnya, Anda ingin membuat sebuah komik, akan tetapi pekerjaannya tidak sebanding dengan gaji yang diharapkan. Lebih baik Anda memulai bisnis Marketing yang biasanya memiliki prospek uang yang cukup baik dan cepat.

Hindari Sifat Konsumtif

Sadari bahwa Anda tidak memiliki honor yang tetap, sehingga gaya hidup harus tetap dijaga. Sangat penting untuk menghindari sifat konsumtif atau boros. Sebab, Anda akan dapat mengalokasikan keuangan Anda nantinya dengan pengeluaran yang sesuai kebutuhan. Bila belum terbiasanya, cobalah untuk mengurangi kegiatan tersebut sedikit demi sedikit.

Jadi tidak ada halangan bagi seorang freelancer  untuk menjadi seseorang yang berkecukupan. Hal itu bisa terwujud bergantung pada bagaimana Anda mengatur keuangan.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …