Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Mematangkan Keuangan Bagi Yang Ingin Menikah Mandiri
pernikahan mandiri

Tips Mematangkan Keuangan Bagi Yang Ingin Menikah Mandiri

Ideamardiana.com – Manusia diciptakan dengan berpasang-pasangan. Selain untuk melestarikan jenis, pasangan juga akan membantu dan menemani kita dalam menjalani hidup. Suka dan duka akan dihadapi bersama. Namun itu semua hanya akan terwujud dengan ikatan yang sudah resmi, yaitu ikatan pernikahan.

Apakah sudah menemukan belahan jiwa Anda? Jika sudah tak usah ragu lagi, resmikanlah hubungan Anda berdua dengan segera. Usia muda sebenarnya bukan sebuah batasan untuk Anda menikah. Memang sering kali masyarakat kita terlalu takut menikah dengan kesiapan material yang belum matang. Perlu Anda ingat bahwa Tuhan selalu menjamin rizki setelah menikah nanti.

Berikut beberapa tips untuk Anda dalam mematangkan keuangan guna menikah secara mandiri.

Tentukan Target

Pernikahan dilaksanakan oleh Anda dan pasangan. Jadi tidak ada salahnya untuk mengajak pasangan berdiskusi. Tentukanlah target Anda berdua dalam beberapa waktu ke depan. Anda harus memiliki rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Misal dalam 2 tahun Anda menabung untuk pernikahan dan selama 5 tahun berikutnya mengambil KPR. Jangan lupa memilih tabungan di bank yang memiliki bunga KPR rendah.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi Jangka Panjang

Tabungan Bersama

Buatlah tabungan yang dikhususkan untuk tabungan Anda berdua. Jika mencampur dengan tabungan pasangan ataupun Anda pribadi akan memudahkan pertikaian suatu saat nanti. Anda bisa menyisihkan 30% dari gaji masing-masing per bulannya. Dalam 2 tahun Anda pun bisa memiliki modal untuk perayaan pernikahan.

Baca juga : Strategi Dalam Menyusun Pernikahan

Berhemat Dalam Kencan

Sebagai pasangan yang belum menikah tentu Anda sering janjian untuk ketemu meskipun sebentar. Momen-momen seperti ini memang sulit dihindarkan. Namun adakanlah perjanjian untuk berhemat dalam berkencan. Anda bisa memilih rumah makan yang biasa saja. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan uang untuk gaun dan undangan.

Baca Juga : Tips Hemat Saat Ingin Berkencan

Berinvestasilah

Jika ingin keuangan terus berkembang Anda berdua bisa memilih investasi yang banyak jenisnya. Anda bisa memilih properti, tanah, emas, dan bisnis. Namun investasi yang paling aman adalah emas. Sebab tidak akan tergerus oleh investasi dan semakin lama disimpan maka nilainya semakin tinggi. 2 tahun setelah investasi pun Anda dan pasangan sudah bisa mengontrak rumah atau DP rumah.

Baca Juga : Strategi Investasi Untuk Pengantin Baru

Hentikanlah Perayaan yang Tidak Perlu

Biasanya bagi pasangan anniversary atau ulang tahun pasangan menjadi momen yang harus dirayakan. Alhasil uang akan banyak terbuang dalam sesaat. Cobalah untuk mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan tersebut. Merayakan tidak harus dengan memberi kado atau menghamburkan uang. Anda bisa menggantinya dengan mentransfer sejumlah uang pada pasangan. Dengan begitu Anda bisa lebih berhemat dan menabung.

Baca Juga : 6 Tips Agar Memiliki Rumah di Usia Muda

Itulah beberapa tips bagi Anda yang sudah ingin melangsungkan pernikahan. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan segala pengeluaran dan pemasukan.  Selamat berjuang dan semoga sukses.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …

Tags: tips jika ingin menikah, ingin menikah, ketika ingin menikah tapi terhambat keuangan, tips mandiri setelah menikah, tips mematangkan diri untuk pernikahan, top ittipat menikah