Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Menghemat Gaji Bulanan
hemat gaji bulanan

Tips Menghemat Gaji Bulanan

Ideamardiana.com – Gaji adalah aspek penuunjang kehidupan terpenting bagi semua orang. Tanpa gaji maka mereka tidak bisa makan, minum, maupun membayar uang sewa. Selain itu, gaji merupakan bentuk penghargaan terhadap kerja keras seseorang karyawan atas jasanya selama satu bulan. Semakin baik prestasi kerjanya, maka ia layak untuk mendapatkan kenaikan gaji.

Besarnya gaji berbeda dari satu orang dengan orang lain membuat kebutuhan mereka juga berbeda. Hal tersebut yang membuat setiap orang merasa kurang dengan gaji yang mereka miliki. Ketika dia memiliki gaji 2 juta, terbesit pemikiran bahwa jika telah naik menjadi 10 juta pasti akan banyak sisa. Akan tetapi, ternyata sama saja tidak memiliki sisa ketika dia telah mencapai angka 10 juta. Padahal menyisakan uang sangat perlu untuk mengatasi keadaan darurat atau rencana jangka panjang.

Untuk mengatasinya, berikut akan diulas tentang tips menghemat gaji bulanan Anda.

Membuat Perencanaan Anggaran Belanja

Perencanaan sangat penting untuk mengukur sejauh mana kebutuhan Anda dan kemampuan finansial dalam memenuhinya. Tanpa adanya perencanaan, Anda akan seenaknya dalam menghabiskan gaji bulanan. Setelah Anda menyusunnya usahakan untuk tidak melanggar perencanaan itu, sehingga pengeluaran Anda tidak akan jauh berbeda dari harapan yang telah Anda buat sebelumnya.

Melunasi Utang dan Cicilan

Utang maupun cicilan memang tidak terdengar menjadi beban bagi setiap debiturnya. Akan tetapi, jika Anda tidak meletakkan hal tersebut ke dalam perencanaan Anda akan berakibat cukup fatal. Sebab, beberapa bulan akan diakumulasikan dengan beberapa kali uang cicilan yang akan Anda bayarkan ditambah bunga akibat denda pada bulan-bulan sebelumnya. Akibatnya, gaji Anda tidak akan cukup untuk melakukan pelunasan tersebut.

Mempunyai Dua Rekening Bank

Sebaiknya Anda menyimpan uang hasil gaji ke dalam rekening, setelah itu mengambilnya tidak terlalu banyak. Selain itu, penting bagi Anda memiliki 2 rekening bank yang dapat berguna sebagai tabungan dan lainnya sebagai rekening khusus transaksi. Jika telah berhasil, maka keuangan Anda akan lebih baik dalam hal pengeluaran untuk belanja kebutuhan dalam satu bulan.

Berbelanja Sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan barang belanjaan yang Anda beli adalah sesuai yang dibutuhkan sebelumnya. Jangan sampai tertarik dengan diskon saja, tetapi cobalah untuk berpikir sejenak pemakaian jangka panjang, apakah berguna atau hanya sebagai pajangan. Untuk bahan makanan juga tidak perlu terlalu banyak memilih makanan yang mahal, 4 sehat 5 sempurna saja sudah cukup dalam pemenuhan kesehatan.

Berbagi dengan Orang Lain

Hal yang paling sering dilupakan oleh orang adalah berbagi. Percayalah ketika Anda memberi kepada orang yang membutuhkan maka rezeki juga akan ditambahkan. Hanya saja Anda tidak perlu meminta rezeki apa yang nanti akan diberikan. Sebaliknya berikan dengan iklhas terlebih dahulu dan serahkan semuanya kepada Tuhan. Maka Dia yang memelihara Anda akan melihat dan mendengar kebutuhan.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …