Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Mudah Berinvestasi Dengan Reksadana
reksadana

Tips Mudah Berinvestasi Dengan Reksadana

Ideamardiana.com – Mulai saat ini ubahlah cara berpikir Anda untuk melakukan investasi di hari tua. Investasi bukan hanya jaminan untuk masa tua Anda saja, namun juga menjadi tumpuan kehidupan finansial bila terjadi goncangan. Apabila Anda terkendala oleh modal, tidak perlu khawatir karena sekarang banyak cara yang bisa dilakukan seperti reksadana. Reksadana merupakan kumpulan dana dengan pengelolaan untuk pembelian saham, obligasi atau instrumen lain yang berhubungan dengan keuangan.

Reksadana memiliki kemudahan berupa pesaran investasi yang tidak perlu mencapai puluhan juta. Sistemnya juga sederhana, sehingga mudah untuk dilakukan. Tanpa berpusing-pusing karena akan ada manajer investasi yang mengelola uang Anda. bila menilai reksadana sebagai investasi yang mahal, mungkin Anda harus mengkaji ulang. Nilai keuntungan dari reksadana tidak bergantung dari modal namun berdasarkan manajer investasi dalam mengelola keberlangsungan reksadana tersebut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan reksadana adalah pemilihan saham yang tepat, yaitu saham yang sedang dalam kondisi fundamental perekonomian suatu Negara. Reksadana memiliki nilai strategis bagi investasi kalangan atas maupun menengah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai reksadana, berikut langkah-langkah yang dapat Anda jalankan.

Menentukan Tujuan

Tujuan yang spesifik akan mempermudah Anda melakukan investasi reksadana. Tujuan akan berhubungan dengan jangka waktu investasi serta jenis reksadana yang akan Anda ambil. Investasi tanpa tujuan hanya akan merugikan dan tidak mendapatkan pantauan secara efektif.

Ketahui Jenis-Jenis Reksadana

Sebelum memutuskan berinvestasi reksadana, Anda harus tahu ragam jenis reksadana. Diantaranya adalah reksadana saham, pasar uang, pendapatan tetap, terproteksi, index, campuran, dollar, dan syariah.

Baca Juga : Tips Melakukan Investasi dengan Sehat

Tentukan Jangka Waktu Investasi

Jangka waktu yang ada pada reksadana adalah 1 – 3 tahun, 3 – 5 tahun dan lebih dari 5 tahun. Memilih reksadana pasar uang baik untuk jangka 1 – 3 tahun sedangkan untuk jangka panjang Anda dapat memilih reksadana saham.

Baca Juga : 4 Jenis Investasi Jangka Pendek

Langkah-Langkah Investasi Reksadana

Setelah Anda menentukan reksadana yang sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan pendapatan yang terproteksi maka langkah selanjutnya adalah melihat rekam jejak keuntungan selama kurun waktu 3 tahun terakhir. Baca secara teliti dan pastikan keuntungan bersifat konsisten. Cara ini akan membuat Anda lebih yakin tidak mengalami kerugian. Cari informasi mengenai track record dari reksadana yang akan Anda pilih.

Pastikan Reksadana Legal

Reksadana memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan yang bersifat mutlak sehingga mampu untuk Anda percaya. Pastikan manajer investasi juga memiliki izin. Bila terlihat meragukan, segera tolak penawaran tersebut. Pengecekan merupakan upaya agar Anda tidak tertipu dari investadi bodong.

Pahami Prospektus Reksadana

Dari sinilah Anda mengetahui segala informasi mengenai reksadana. Pahami detail isinya agar Anda dapat secara aman dan nyaman melakukan investasi.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi Jangka Panjang

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …