Wednesday, 28 September, 2016
Home » Tips Keuangan » Tips Sederhana Merencanakan Pensiun
Perencanaan Keuangan
Tips Sederhana Merencanakan Pensiun

Tips Sederhana Merencanakan Pensiun

Ideamardiana.com – Pensiun merupakan ancaman bagi sebagian orang yang masih produktif. Apa yang akan dilakukan di hari tua, dari mana penghasilan akan datang jika sudah tidak bekerja, mungkin itu yang ada di pikiran Anda sekarang. Namun, merencanakan pensiun bukan merupakan hal mudah. Anda harus memiliki rencana bagaimana hidup Anda kelak jika sudah tidak produktif lagi. Berikut lima cara sederhana dalam merencanakan pensiun.

 1  Fokus Pada Hal Yang Bisa Dikontrol

Anda mungkin berharap banyak pada investasi yang sudah Anda lakukan. Memperkirakan tingkat pengembalian investasi akan menyenangkan mengingat Anda dapat menghitung nilai portofolio jangka panjang. Sayangnya tidak ada yang tahu berapa besar realisasi pengembalian investasi Anda, mungkin sesuai perhitungan, mungkin juga tidak. Dan kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang berbeda setiap tahun selalu ada.

Sebaiknya fokuskan saja pada hal yang bisa dikontrol, semisal potongan gaji yang Anda sisihkan untuk pensiun. Itu lebih bisa Anda perkirakan hasilnya.

 2  Jangan Mengejar Model Investasi Terbaru

Investasi yang Anda tanam setiap saat bisa berubah, kadang naik dan turun tanpa bisa Anda kendalikan sepenuhnya. Namun, berinvestasi pada hal yang sama dalam jangka panjang justru lebih baik hasilnya daripada Anda mengikuti model investasi yang sedang booming di pasaran.

 3  Jangan Menunda Berhemat

Jika Anda masih sering menghamburkan uang untuk sesuatu yang Anda inginkan, mulailah memilih untuk menggunakan uang sesuai kebutuhan Anda. Anda tidak perlu memiliki rencana investasi yang besar, cukup dengan menyisihkan uang dan mulai menabung. Investasi yang Anda inginkan bisa direncanakan sejalan dengan pengalaman Anda mengelola keuangan.   Berhemat lebih bisa Anda perkirakan hasilnya jika masih ragu berinvestasi.

 4  Menentukan Kapan Uang Anda Cukup Untuk Pensiun

Banyak orang yang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang lebih saat mereka pensiun, atau bisa disebut dengan sindrom satu tahun lagi pensiun. Masa pensiun adalah masa dimana Anda menghabiskan tabungan dan investasi Anda selama bekerja. Selama itu pula Anda tidak memiliki kebebasan untuk memilih pekerjaan. Pikirkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memenuhi tabungan Anda sebelum memutuskan untuk pensiun.

 5  Rencanakan Tujuan Non-Keuangan

Pensiun bukan hanya tentang menghabiskan tabungan dan investasi di hari tua, tetapi juga tentang aktivitas yang akan dilakukan untuk mengisi waktu luang selama masa pensiun. Ada banyak hal  yang bisa Anda lakukan setelah pensiun, dan mulailah untuk memikirkannya dari sekarang. Anda bisa merencanakan masa depan yang nyaman dengan beberapa hal yang berbeda dari masa produktif Anda.

Pensiun merupakan saat dimana kita seharusnya menikmati hasil yang diperoleh selama bekerja pada masa produktif. Persiapan sedari dini harus dilakukan agar hidup lebih terjamin di masa pensiun itu benar-benar datang.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Produk Terlaris di Indonesia

Produk Yang Paling Sering Dicari di Toko Online Indonesia

Bagi Anda yang mencintai kegiatan belanja, Anda dapat mencoba berbelanja melalui online. Berbagai jenis produk …