Monday, 26 September, 2016
Home » Informasi » Tips Untuk Menghindari Penipuan Dalam Investasi Emas
investasi emas

Tips Untuk Menghindari Penipuan Dalam Investasi Emas

Ideamardiana.com – Investasi kini menjadi salah satu kebutuhan dari banyak masyarakat modern. Cara ini dijadikan sebagai salah satu ladang penghasilan tambahan yang menjanjikan di luar pekerjaan utama. Investasi dipilih karena saat ini kebutuhan yang harus dipenuhi kian banyak sehingga masyarakat harus pandai-pandai untuk mendapatkan uang dengan keterbatasan waktu. Nilai inflansi investasi juga mengalami peningkatan setiap tahunnya yaitu sekitar 7% tiap tahun.

Bentuk investasi sangat bermacam, mulai dari deposito, saham, hingga properti. Emas juga tak luput menjadi incaran investasi dengan peluang cukup tinggi. Emas dipilih karena mampu melindungi kekayaan dari inflansi yang sering mendapat julukan siluman pencuri kekayaan. Peluang untuk mengalami rugi dari investasi emas sangat kecil karena nilainya tang terus merangkak naik.

Dalam menjalankan investasi berupa emas, Anda perlu berhati-hati karena sering terjadinya penipuan. Beberapa kasus penipuan berkedok investasi emas adalah penipuan PT Golden Trade International Syariah (GTIS) yang melakukan penggelapan dana nasabah hingga triliunan rupiah. Tidak hanya ini, banyak lagi kejadian serupa yang menimpa investor emas.

Penipuan emas terjadi dengan berbagai macam kedok, dan yang paling umum dilakukan adalah dengan sistem money game. Sistem money game di Indonesia biasanya dengan Pyramid Scheme atau arisan berantai. Kini sistem ini mengalami pembungkusan secara lebih rapi yaitu menggunakan metode MLM yang berbalut network marketing.

Proses terjadinya money games adalah ketika perusahaan memberikan tawaran sebuah peluang bisnis dengan menjanjikan keuntungan yang berlipatganda maka akan menarik perhatian nasabah. Kemudian nasabah yang tergiur akan mendaftar dan mendapatkan bonus secara cuma-cuma. Trik ini kemudian membuat nasabah gencar melakukan promosi kepada orang di sekitarnya. Tahapan tersebut terjadi secara terus menerus.

Baca Juga : Hal Yang Penting Diperhatikan Dalam Memilih Bisnis MLM

Cara kerja dari bisnis ini adalah dengan akumulasi seluruh modal yang didapat saat rekruitmen nasabah. Dana dari nasabah hanya diputarkan tanpa dilakukan investasi secara nyata. Hal ini akan terus berjalan hingga mencapai titik jenuh berupa gonjang-ganjing tentang penipuan. Namun sebagai pemilik perusahaan penipuan ini, keadaan ini sudah diprediksi sehingga pemilik sebenarnya akan kabur membawa uang.

Untuk menghindari praktek penipuan ini, Anda tidak boleh mudah tergiur dengan keuntungan besar. Anda harus waspada bila ada perusahaan yang menawarkan keuntungan tidak wajar. Anda juga tidak boleh tergoda akan rayuan. Waspada dengan produk yang berharga mahal dengan kualitas yang lebih baik karena ini merupakan cara pemasaran yang dilakukan perusahaan gadungan untuk calon korbannya.

Terakhir, Anda harus berhati-hati dalam melihat peluang karena tak selamanya peluang yang hadir adalah sesuatu yang baik. Kenali secara mendalam mengenai peluang yang datang dan cari celah walaupun kecil untuk melihat apakah berpeluang investasi bodong.

Baca Juga : Cara Memilih Peluang Bisnis MLM

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: penipuan investasi emas di bbm, Mengelola keuangan untuk investasi emas