Wednesday, 28 September, 2016
Home » Informasi » Trik Menjaga Motivasi Agar Tetap Semangat Kuliah
Motivasi Belajar
Trik Menjaga Motivasi Agar Tetap Semangat Kuliah

Trik Menjaga Motivasi Agar Tetap Semangat Kuliah

Ideamardiana.com – Beberapa bulan lagi media ramai secara serentak memberitakan tentang keadaan Ujian Nasional diseluruh penjuru Indonesia. Siswa-siswi SMA akan bermetamorfosis menjadi pribadi yang lebih dewasa dari biasanya. Perguruan Tinggi adalah dunia baru bagi anak-anak yang baru saja dinyatakan lulus dari Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Banyak orang tua yang berharap cemas tentang studi lanjut anak-anaknya. Berbagai macam tempat kursus dipenuhi oleh anak-anak yang ingin lulus tes ujian masuk Perguruan Tinggi favoritnya.

Indonesia memiliki lebih dari 30 Perguruan Tinggi, mulai dari Perguruan Tinggi Negeri sampai Perguruan Tinggi Swasta tersebar dimacam-macam wilayah dari sabang sampai marouke. Umumnya, para siswa-siswi yang ingin melanjutkan studinya akan berpikir bahwa bangku kuliah merupakan hal yang sangat menyenangkan dimana belajar menggunakan pakaian bebas tidak berseragam dan memakai jas almamater kebanggaan kampusnya. Mereka merasa tidak sabar untuk segera menyandang status sebagai mahasiswa.

Nyatanya, menjadi mahasiswa tidaklah semeyenangkan seperti pikiran mereka. Saat kuliah seseorang dituntut untuk memilih secara benar pelajaran apa yang memang dikuasainya dan tentu digemarinya. Kebanyakan, mahasiswa bersifat individu lain halnya dengan siswa-siswi SMA yang selalu bersama kemanapun mereka melangkah. Bangku kuliah adalah titik dimana seseorang membuktikan kualitas dirinya karena semboyan masuk (masuk sekolah) bersama keluar (lulus sekolah) bersama pun kadang tidak berlaku dalam dunia perkuliahan.

Kuliah wajibnya selesai dalam jangka waktu 3.5 sampai 4 tahun saja, namun banyak mahasiswa-mahasiswi yang lulus lebih dari waktu yang telah ditetapkan. Bermacam kendala dapat terjadi selama menjadi mahasiswa. Terlebih lagi jika sudah memasuki semester tua atau semester akhir biasanya sudah mulai muncul rasa-rasa malas untuk memulai mengerjakan skripsi. Jika anak sekolah lulus atau tidaknya ditentukan hanya dengan ujian tertulis selama tiga hari saja, mahasiswa harus mengerjakan skripsi untuk menjadi syarat kelulusan.

Untuk itu sebagai mahasiswa Anda harus tetap optimis dan bersemangat. Menjaga motivasi agar tetap semangat dalam bangku perkuliahan sangat penting untuk diterapkan. Kini simaklah beberapa tips menjaga motivasi kuliah yang dapat menjaga serta membangkitkan kembali semangat kuliah Anda yang sudah mulai redup.

1. Pilihlah teman yang bisa saling mengingatkan.

Hal ini merupakan bagian yang sangat penting karena jika Anda memiliki teman dekat yang dapat saling mengingatkan tentang perkuliahan maka Anda tentu tidak akan lupa waktu ketika sedang bersenang-senang. Teman seperti yang akan membantu Anda ketika Anda mulai mengalami titik jenuh ketika kuliah. Merekalah yang akan memberikan suntikan semangat yang luar biasa untuk Anda karena teman sangat berpengaruh dalam kehidupan Anda sebagai mahasiswa.

2. Selalu mengulang mata kuliah ditempat yang nyaman.

Anda tidak harus belajar didalam kamar, perpustakaan ataupun ruangan kelas karena tempat seperti itu adalah tempat yang sudah terlalu mainstream. Anda bisa belajar ditempat baru seperti ditaman sambil menikmati udara pagi atau sore hari yang sejuk. Belajar diruangan terbuka disinyalir dapat meningkatkan semangat belajar pada setiap orang.

3. Berilah Reward pada diri Anda sendiri.

Hadiah ini bisa berupa barang ataupun piknik bersama teman-teman Anda untuk menjelajah alam. Biasanya otak manusia akan merasa jenuh ketika sudah berada pada puncaknya. Maka untuk itu, gunakanlah waktu beberapa hari untuk pergi bersama orang yang Anda sayangi. Berlibur dapat membuat otak serta tubuh Anda lebih segar dari biasanya. Liburan ini juga bisa Anda gunakan untuk berolahraga dengan berjalan ketempat wisata-wisata alam.

4. Selalu mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa.

Ini merupakan inti dari semua kegiatan yang Anda lakukan karena tanpa berdoa dan beribadah apalah arti semuanya. Selain merasa tenang, beribadah dapat memudahkan jalan Anda dari kesulitan selama kuliah.

Baca Juga : Berpenghasilan Sebelum Sarjana

Itulah beberapa tips untuk menjaga serta membangkitkan semangat kuliah bagi para mahasiswa dan mahasiswi. Jaman serba modern seperti ini memaksa semua orang untuk terus melanjutkan studinya karena untuk mencari pekerjaan nantinya. Teruslah belajar, seperti apa yang dikatakan oleh Mario Teguh dalam sebuah acara yang dibintanginya “orang-orang yang tidak belajar adalah pemilik masa lalu sedangkan orang-orang yang belajar adalah pemilik masa depan”. Jadilah orang yang hidup untuk masa depan bukan terjebak dalam masa lalu.

DAPATKAN EBOOK GRATIS!
Dapatkan email informasi seputar bisnis online dan tips kecantikan ke email Anda.
Saya sangat menghargai privacy Anda, dan tidak akan menjual data email Anda ke pihak manapun.

About Mardiana

Menjalankan bisnis Oriflame via online bersama Komunitas Muda Mandiri dan lulusan jurusan pendidikan Matematika dari salah satu Universitas di Makassar - (PIN BBM : 5D1DDCAB)

Artikel Lainnya

Tips Mengetahui Produk Original

Tips Mengetahui Kualitas Produk Bagus di Toko Online

Kebanyakan dari kita tidak mengetahui cara memilih produk yang bagus dan berkualitas di toko online. …

Tags: semangat belajar untuk kuliah demi orang tua, motipasi supaya anak tetap kuliah dan bekerja